Coba Berbagai Resep Cemilan dari Kentang Ini Yuk

Mamatamy

Kentang merupakan karbohidrat serbaguna yang sangat disukai banyak orang. Bagaimana tidak? Panganan ini merupakan sumber karbohidrat yang lebih rendah kalori daripada nasi. Kentang juga memiliki banyak kandungan yang dapat menyehatkan badan. Selain itu, kentang pun dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang amat lezat dan juga amat mengenyangkan, seperti kroket kentang misalnya.

Nah, kamu ingin membuat menu lezat dan mudah untuk dibuat dengan bahan dasar kentang? Kalau kamu bingung mengenai apa yang akan kamu buat, lebih baik simak saja yuk beberapa cemilan dari kentang yang bisa kamu buat sendiri di rumah tanpa perlu membuang banyak waktu lama.

1. Kentang Balado

Kentang balado merupakan makanan khas Indonesia yang seringkali menjadi pendamping dari makanan-makanan besar seperti misalnya opor ayam atau rendang. Kentang balado ini tidak hanya mengenyangkan, tetapi juga membuat nasi dan lauk menjadi lebih sedap saat disantap.

Klik di sini: https://review.bukalapak.com/food/resep-kroket-kentang-lembut-kentangnya-pas-dengan-isian-daging-lezatnya-33043

Cara membuat kentang balado ini mudah sekali. Pertama-tama, potong kentang hingga berukuran dadu. Kemudian, siapkan sambal balado dan setelah itu, tumis kentang yang dicampur dengan sambal balado tadi.

Ingat, jangan sampai kentangmu gosong ya, karena rasanya akan sangat tidak enak. Nah, bila dimasukkan ke dalam kulkas, kentang balado ini bisa bertahan hingga tiga hari.

2. Kroket Kentang

Kroket kentang merupakan makanan yang biasa dijadikan cemilan. Namun, walaupun statusnya cemilan, tetap saja makanan ini amat sangat menyenangkan dan memiliki kandungan gizi tinggi. Kroket kentang dibuat dengan mencampurkan kentang dengan berbagai jenis sayuran, kemudian dihaluskan dan digulung ke dalam tepung roti.

Setelah itu, kentang digoreng hingga berwarna kuning keemasan dan biasanya dimakan dengan menggunakan cabai rawit. Kamu juga bisa menambahkan keju mozarella di dalam kroket kentang supaya rasanya lebih gurih dan lebih menyenangkan untuk disantap.

3. Perkedel

Saat membicarakan masakan berbahan dasar kentang, sulit apabila kita tidak membicarakan mengenai perkedel. Perkedel merupakan makanan yang terbuat dari kentang yang ditumbuk dan digoremg.

Cara membuat perkedel ini mudah sekali. Pertama-tama, rebus kentang hingga halus. Tumbuk dan kemudian gulung kentang di telur yang sudah dikocok. Setelah itu, baluri dengan tepung terigu dan yang terakhir adalah tepung roti. Oh ya, jangan lupa, sebelumnya, campur kentang dengan bumbu-bumbu seperti lada dan garam. Setelah itu, kamu tinggal goreng saja. Nah, perkedel yang renyah pun sudah jadi. Supaya lebih bervariasi dan sehat, kamu bisa lho menambahkan daging cincang di dalam perkedel tersebut.

4. Donat Kentang

Apa kelebihan donat kentang bila dibandingkan dengan donat biasa? Donat kentang memiliki lebih sedikit kalori dan tentunya lebih sehat.

Donat kentang dibuat dengan campuran kentang dan sedikit tepung terigu yang kemudian dicampur sedemikian rupa layaknya donat biasa, dan kemudian dikembangkan. Setelah itu, adonan akan dibentuk bulat-bulat seperti cincin dan digoreng.

Donat kentang ini rasanya tidak jauh beda dengan donat biasa. Hanya saja, bila kamu mengunyahnya lebih lama, kamu akan merasakan rasa khas goreng kentang yang sangat membuat kamu ketagihan.

Oh ya, kamu juga bisa menambahkan berbagai topping seperti misalnya cokelat leleh atau mentega dengan gula di atas donat kentang yang kamu buat.

Itulah beberapa aneka masakan yang terbuat dari kentang dan bisa kamu jadikan cemilan yang amat lezat. Nah, tunggu apalagi, segera beli kentang dan kreasikan masakan tersebut menjadi berbagai macam cemilan serta menu utama sehat yang amat sangat menggoyang lidah.  Siapa yang tidak suka? Anak-anak hingga orang dewasa pastinya akan suka, begitu pula denganmu.

Spread the word. Share this post!