Resep Puding Aneka Rasa, Mulai dari Puding Susu Hingga Puding Buah

Siang-siang begini sudah pusing mencari tahu resep puding mangga paling nikmat dan sedap disantap? Well, kamu bisa coba klik tautan ini https://review.bukalapak.com/food/resep-puding-mangga-ini-gampang-dan-praktis-15-menit-jadi-41179 untuk menemukan resepnya. Nah, kalau belum puas dengan puding mangga, kamu pun bisa membuat aneka puding lainnya, mulai dari puding susu hingga puding buah beragam rasa. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak ulasan berikut.

Puding Susu

Puding yang satu ini memiliki tekstur yang benar-benar lembut. Tak hanya lezat, puding ini juga kaya nutrisi. Proses membuatnya tak terlalu rumit. Kamu yang masih pemula tak perlu takut mencobanya.

Bahan. Untuk membuat sekitar satu loyang puding, siapkan 2 bungkus agar-agar, 2 gelas susu cair, 3 sdt cokelat bubuk, 200 gram gula pasir (bisa juga diatur sesuai selera), 2 butir telur untuk diambil putihnya, dan 4 gelas air putih.

Cara Membuat. Pertama, rebus 1 bungkus agar-agar bersama dengan 100 gram gula pasir dan 2 gelas susu cair. Tambahkan pula 2 gelas air putih. Aduk semuanya hingga merata dan matang. Kedua, kocok putih telur hingga mengembang dan masukkan ke dalam adonan. Selanjutnya, siapkan cetakan dan tuang adonan ke dalamnya. Tunggu hingga adonan dingin.

Ketiga, rebus 1 bungkus agar-agar dengan 100 gram gula. Tuangkan cokelat bubu ke dalamnya, aduk dan rebus hingga matang. Jika sudah, tuangan ke dalam agar-agar yang telah didinginkan sebelumnya. Dinginkan sebelum disantap.

Puding Cokelat Buah

Nah, kalau ingin mencoba puding dengan macam-macam rasa, paduan puding cokelat dan puding buah bisa dicoba. Tak hanya kaya rasa, puding ini juga bisa menjadi paket lengkap untuk santap pagi, siang, maupun malam hari. Paduan rasa cokelat yang manis dan rasa buah yang segar dijamin siap membuat lidahmu tak mau berhenti bergoyang.

Bahan. Untuk membuat puding cokelat, siapkan 1 bungkus agar-agar bubuk, 150 gram cokelat masak pekat, 30 gram cokelat bubuk, 800 mL susu cair, 2 buah kuning telur, dan 130 gram gula pasir atau sesuai selera.

Sementara itu, untuk membuat puding buah, siapkan ½ bungkus agar-agar bubuk, 300 mL susu cair, sekitar 5—6 tetes pewarna oranye, 25 gram gula pasir, 1/8 sdt garam, 1 bungkus jeruk bubuk (bisa menggunakan Nutrisari), 250 ram koktail kaleng, dan 2 butir putih telur.

Cara Membuat. Rebus semua bahan puding cokelat (kecuali cokelat masak dan telur), aduk hingga mendidih. Masukkan cokelat masak pekat yang telah dipotong menjadi bagian-bagian kecil, kemudian aduk hingga larut dengan adonan.

Ambil sedikit adonan, lalu campurkan pada wadah berisi kuning telur, aduk hingga rata. Masukkan adonan kuning telur ke dalam adonan puding cokelat, aduk. Nyalakan kembali api, masak adonan hingga mendidih. Tuang adonan ke dalam loyang dan biarkan hingga setengah beku.

Jika sudah, segeralah rebus bahan-bahan untuk puding buahnya. Aduk bahan hingga mendidih, campurkan bubuk jeruk dan pewarna oranye, kemudian aduk hingga rata. Matikan kompor, kocok putih telur dan garam hingga mengembang. Sambil mengocok, jangan lupa tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit. Campurkan pula sedikit adonan puding dan aduk hingga tidak ada yang menggumpal.

Tambahkan buah koktail, aduk kembali. Selanjutnya, tuangkan di atas puding cokelat yang sudah setengah beku. Jika sudah, panaskan kembali sisa adonan puding cokelat (jika ada), kemudian tuang ke atas puding buah yang sudah setengah dingin. Selanjutnya, dinginkan. Jadi, deh! Puding cokelat buah siap disajikan.

Bagaimana? Siap membuatnya sendiri?

Sumber gambar: Ngegas.com, Kopinikmat.blogspot.com

Spread the word. Share this post!