Mengulas Beragam Jenis Subwoofer Mobil untuk Suara Bass yang Pas

Menyetel musik menjadi salah satu cara yang dilakukan agar seseorang tidak merasa bosan terutama dalam jangka waktu yang sama dimana ia harus melakukan sesuatu yang sama. Misalnya saat macet kala waktu mudik tiba. Karena hal tersebut, para pemilik mobil memasang perangkat audio mobil tambahan untuk menghasilkan suara bass yang lebih maksimal. Subwoofer mobil yang ada di pasaran, termasuk di toko online, memiliki ukuran minimal 8” atau 20,3 cm dan yang paling besar adalah 15” atau 38 cm.

Subwoofer tersebut harus terpasang di box khusus untuk kotak speaker atau sub yang terhubung ke amplifier. Terdapat beberapa jenis subwoofer yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan misalnya sesuai dengan budget yang Anda miliki. Di toko aksesoris mobil, ada 3 jenis subwoofer dimana ketiga jenis subwoofer tersebut memiliki perbedaan di bagian daya dan juga design dari subwoofer tersebut.

Pertama adalah subwoofer komponen. Jenis subwoofer mobil ini cocok untuk Anda yang ingin memilih subwoofer dan amplifier yang terpisah untuk hasil yang maksimal. Misalnya jika subwoofer yang Anda pilih memiliki daya 4 ohm dipasang dengan cara paralel maka dayanya akan menjadi 2 ohm. Dari hal tersebut, jika impedance semakin kecil maka daya subwoofer tersebut akan semakin besar. Akan tetapi, disebabkan karena daya yang lebih besar, maka harga dari subwoofer yang dipasang di mobil ini lebih mahal dan Anda harus menyediakan tempat yang lebih besar untuk meletakkannya.

Mengulas Beragam Jenis Subwoofer Mobil untuk Suara Bass yang Pas

Kedua adalah subwoofer aktif slim. Jenis subwoofer yang terpasang di kendaraan roda empat ini adalah jenis yang sudah terintegrasi dengan adanya amplifier yang ada di dalamnya. Salah satu keunggulan dari jenis subwoofer ini adalah mempunyai design yang praktis dan tidak adanya amplifier eksternal sehingga tidak butuh wadah atau tempat yang besar untuk meletakkannya.

Akan tetapi, kekurangan dari jenis subwoofer aktif slim ini adalah suara bass yang kurang bisa maksimal. Hal tersebut disebabkan karena daya power yang dipergunakan oleh jenis subwoofer ini relatif kecil. Untuk pengaturan suara bass-nya sendiri bisa menggunakan crossover aktif low pass filter dan kemudian mengatur batas frekuensi yang menurut Anda ideal sehingga akan membuat Anda lebih nyaman saat mendengarkannya. Di subwoofer ini terdapat terminal yang memiliki 3 jalur yaitu accu, remote dan juga ground. Selain itu, jenis subwoofer yang punya jack RCA pre input ini memungkinkan Anda untuk bisa mengkoneksikan dengan head unit dan mengatur volume bass di bagian depan.

Ketiga adalah jenis subwoofer bass tune. Subwoofer mobil ini cocok untuk Anda yang suka dengan musik yang memiliki atau menonjolkan suara bass. Subwoofer kendaraan roda empat ini mempunyai daya atau tenaga yang tinggi sehingga suara yang dihasilkan juga akan lebih besar. Mudahnya, untuk memilih subwoofer yang tepat, Anda bisa mempertimbangkan hal ini:

• Pilih subwoofer sesuai dengan ukuran ruang dalam mobil tempat Anda ingin meletakkan perangkat audio tersebut.
• Pilih yang mengeluarkan frekuensi di bawah 40 Hz,
• Pilih yang memiliki tabung aktif jika Anda ingin pemasangan yang lebih mudah dan singkat.
• Hindari menggunakan subwoofer double voice koil jika Anda menggunakan amplifier 4 kanal karena butuh daya yang besar.
• Pilih yang menggunakan bahan cone dan finishing yang bagus karena bahan cone tidak hanya berpengaruh pada suara yang dihasilkan namun juga ketahanannya.

Spread the word. Share this post!