Kenapa Italia Tidak Ikut  Piala Dunia 2018 ?

Apa yang kurang dari timnas Italia? Dari kiper sampai penyerang dihuni oleh pemain – pemain yang berkiprah tim – tim papan atas eropa. Jadi,suatu hal yang aneh bila ternyata akhirnya mereka tidak bisa berpartisipasi pada piala dunia 2018. Apa yang salah? Entahlah, sebagai negara besar dengan tradisi kuat dalam sepakbola, rasanya enggak layak saja itu terjadi. Sebuah kehilangan besar bagi pecinta sepak bola diseluruh dunia. Apalagi rakyat  Italia tentunya. Jadi, kenapa Italia tidak ikut piala dunia 2018?

Siapa yang tidak kenal dengan Gianluigi Buffon, Donnarumma,Giorgio Chellini, Marco Veratti, Daniele De Rossi dan pemain lainnya. Rasa bagi penggemar sepak bola dimanapun, nama – nama tersebut bukan nama yang asing. Sungguh diluar dugaan bila tim yang dilatih oleh Gian Piero Ventura ini akhirnya harus absen pada piala dunia kali ini. Bahkan ketika ada kesempatan melalui babak play off pun tidak mampu dimaksimalkan. Buat anda yang ingin tahu skuad Italia pada penyisihan kualifikasi piala dunia 2018, inilah daftar skuadnya.

Pelatih : Gian Piero Ventura

Kiper     : Gianluigi Buffon (Juventus), Gianluigi Donnarumma (AC Milan), Mattia Perin (Genoa)

Bek     : Davide Astori (Fiorentina), Andrea Barzagli (Juventus), Leonardo Bonnuci (AC Milan), Giorgio Chellini (Juventus), Danilo D’Ambrosini  (Inter Milan), Matteo Darmian (Manchester United), Daniele Rugani (Juventus), Leonardo Spinazzola (Atalanta), Davide Zappacosta (Chelsea)

Gelandang : Federico Bernardeschi  (Juventus), Antonio Candreva (Inter Milan), Daniele De Rossi (AS Roma), Stephan El Shaarawy (AS Roma), Alessandro Florenzi (AS Roma), Roberto Gagliardini (Inter Milan), Lorenzo Insigne (Napoli), Jorginho (Napoli), Marco Parolo (Lazio), Marco Veratti (PSG)

Penyerang : Andrea Belotti (Torino), Eder Citadin (Inter Milan), Manolo Gabbiandini (Southampton), Ciro Immobile (Lazio), Simone Zaza (Valencia)

 

Melihat dari skuad yang ada memang sangat mumpuni untuk lolos piala dunia 2018. Pada barisan penjaga gawang , Buffon tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Jadi sektor ini terhitung aman.

Siapa tidak kenal trio BBC miliknya Juventus yang terkenal kokoh dalam menjaga lini pertahanan. Dunia pun mengakuinya. Barzagli, Bonnuci dan Chellini jaminan kuatnya lini pertahanan. Juventus buktinya menjadi salah satu tim eropa dengan pertahanan terbaik. Ini berarti sektor inipun aman.

Lini tengah yang dipimpin Daniele de Rossi menjanjikan kestabilan. Ditambah dengan kreatifitas Veratti sepertinya membuat lini tengah Italia layak diandalkan.

Mungkin bila sedikit dibawah sektor lainnya itu adalah sektor penyerangan yang tidak lagi dihuni oleh pemain – pemain berkarakter kuat. Tapi tetap layak diandalkan karena walau bagaimana pun mereka pemain inti di klub  masing – masing. Artinya mereka memiliki kualitas yang bisa diandalkan.

Jadi Kenapa Italia gagal lolos ke piala dunia?

 

Spread the word. Share this post!