Mengenal Ilija Spasojevic, Striker Naturalisasi Timnas Indonesia

Keinginan untuk mendapatkan hasil instan merupakan tujuan awal ide naturalisasi. Mandeknya prestasi timnas Indonesia menjadi salah satu landasan pembenaran. Hingga Akhirnya 2010 dibukalah keran naturlisasi. Beberapa pemain berhasil melalui proses naturalisasi. Ada yang memang mempunyai kualitas dan mampu membuktikan kualitasnya seperti Christian Gonzales misalnya. Ada juga yang gagal bersinar, seperti John Van Beukering. Saat ini timnas baru saja mendapatkan pemain Naturalisasi baru. Ilija Spasosevic namanya. Bagi anda yang belum tau, mari mengenal Ilija Spasojevic, striker Naturalisasi timnas Indonesia.

Ilija Spasojevic adalah striker kelahiran Montenegro, 11 September 1987. Striker bertipe target man ini memang terkenal sebagai striker komplit. Ia bisa menjebol gawang lawing dari berbagai posisi. Kaki kanan dan kirinya sama baiknya. Headingnya juga bagus. Ilija Spasosevic juga bagus dalam penempatan posisi dan mampu menahan bola. Goal getter  yang handal. Perekrutan yang bagus untuk timnas Indonesia.

Kariernya di Indonesia dimulai tahun 2011 dengan memperkuat Bali Devata, sebuah klub asal Bali. Pemain timnas Indonesia ini muncul diera dualisme kompetisi akibat kisruh di badan PSSI. Bali Devata berkiprah di Liga Primer Indonesia. Dari 14 kali penampilannya bersama Bali Devata berhasil memberikan kontribusi 10 gol.

Debutnya di Indonesia yang cukup menjanjikan, membuat PSM merekrutnya. Dengan kompetisi yang lebih kompetitif dari Liga Primer Indonesia, 19 gol dipersembahkan untuk PSM.  Jumlah gol tersebut didapat dari 29 penampilan.

Tahun 2013, giliran Mitra Kukar mendapatkan jasa  pemain ini. 10 gol dari 16 kali penampilannya bersama Mitra kukar. Ia berhasil membawa Mitra Kukar berada diposisi ketiga ISL. Prestasi yang terbilang gemilang untuk Mitra Kukar.

Baca Juga : MENGENAL POSISI PEMAIN DALAM FUTSAL

Putra Samarinda kemudian menjadi klub selanjutnya. Dari 23 penampilannya, dia berhasil memberikan kontribusi 12 gol. Itu menjadikannya menjadi top skor Putra Samarinda. Ililja Spasojevic juga menjadi top skor ketiga di ISL 2014 tersebut.

Catatan prestasi yang konsisten itulah yang  membuat klub sebesar Persib meliriknya. Meskipun sempat merapat ke PBR, tp sebelum pertandingan resmi berlangsung, Spasojevic berpindah haluan ke Persib Bandung. Ditengah kisruh sepakbola Indonesia akibat sanksi FIFA pada Indonesia, Ilija Spasojevic tetap memberikan kontribusi maksimal untuk Persib. Ia membawa Persib juara piala Presiden 2015.

Akibat ketikdakjelasan kompetisi di Indonesia,Ilia Spasojevic menyebrang Malaysia,bergabung dengan Melaka United. Pemain timnas Indonesia ini berhasil membawa Melaka United menjadi juara Malaysia Premier League 2016.

Sampai akhirnya kembali ke tanah air dengan memperkuat Bhayangkara FC. Torehan 12 golnya turut mengantar Bhayangkara FC menjadi juara Liga 1 Indonesia  2017.

Tahun 2017 pula ia resmi menjadi warga negara Indonesia. Timnas Indonesia beruntung mendapatkan pemain yang sekarang memperkuat Bali United ini.

 

Spread the word. Share this post!