Mengenal  Pemain – pemain Terbaik Sepak bola Wanita di Piala Dunia 1991 – 2007

Seperti halnya sepak bola kaum laki – laki, sepak bola wanita juga  menarik untuk disaksikan. Bila dalam sepak bola laki – laki anda mengenal  Pele, Maradonna, Zidanne, Ronaldo, Ronaldinho, Christiano Ronaldo, Messi dan lain –lain. Maka, sepak bola kaum hawa juga melahirkan deretan pemain terbaik. Dan jangan salah teknik dan kemampuannya tidak jauh berbeda. Untuk itu ada baiknya mengenal pemain – pemain terbaik sepak bola wanita di piala dunia 1991 – 2007.

 

Carin Jenning  (Amerika Serikat)  – Piala dunia  1991

Carin  Leslie jenning-Gabarra nama lengkap pemain ini. Pesepak bola wanita yang lahir pada 9 Januari 1965 tersebut dianugerahi talenta yang luar biasa. Pada pagelaran tersebut bersama dengan April Heinrich dan Michelle Akers dikenal dengan “triple edge sword”.  Ketajaman ketiganya mengantarkan Amerika menjadi jawara piala dunia 1991. Dan Carin Jenning dinobatkan sebagai pemain terbaik piala dunia wanita 1991.

Hege Risse (Norwegia) – Piala dunia 1995

Piala dunia sepak bola wanita swedia 1995 melahirkan Hege Risse. Hege Risse yang lahir 18 Juli 1969, unjuk gigi pada pagelaran saat itu. Hege Risse bersama Ann Kristin Aarones dan Gro Espeseth bahu membahu membawa Norwegia menjadi juara pada ajang itu. Hege Risse pensiun pada tahun 2006 dengan memegang rekor caps terbanyak 188 caps.

Sun Wen (China) – Piala dunia 1999

Piala dunia sepak bola wanita yang digelar di Amerika serikat ini dimenangkan oleh Amerika Serikat. Dipartai final Amerika mengalahkan China dengan skor  5 – 4. Tapi meskipun kalah, China boleh berbangga hati, karena pemain terbaik dan topskors juga direbut oleh pemainnya yaitu Sun Wen. Ini untuk pertama kalinya  pemain terbaik dan topskor direbut oleh seorang pemain. Sebuah penghargaan yang membanggakan bagi tim dari asia yang selama ini belum pernah berprestasi ditingkat dunia baik untuk wanita maupun pria sekalipun.

Birgit Prinz  (Jerman)  – Piala dunia 2003

Piala dunia yang kembali digelar di Amerika ini  melahirkan jerman setelah mengkandaskan perlawanan Swedia  2 – 1 difinal. Jerman juga mendapatkan tambahan penghargaan yaitu pemain terbaik dan gelar topskors  atas nama Birgit Prinz.  Pemain yang lahir pada 25 Oktober 1977 ini adalah pemain pertama wanita yang mempersembahkan tiga gelar sekaligus untuk negaranya.

Marta (Brasil) – Piala dunia 2007

Meskipun Brasil tidak berhasil menjadi juara karena kalah dari Jerman dipartai final  2 – 0, tapi nama Marta muncul sebagai pemain terbaik. Pesepak bola wanita asal Brasil yang terlahir dengan nama lengkap Marta Vieria da Silva, sering dianggap Pelenya wanita. Legenda sepak bola wanita terlahir disini.

 

Spread the word. Share this post!