Mengenal Piala Dunia Sepak Bola Wanita

Wanita bermain sepak bola. Mungkin dulu ditertawakan.  Itu dulu. Sekarang, semuanya berubah. Bahkan piala dunia sepak bola wanita yang dibawah tahun 90an mungkin tidak pernah terbayangkan ada,sekarang sudah dilaksanakan. Bahkan sudah 7 kali penyelenggaraan. Meskipun tidak seseru piala dunia pria,tapi antusiasme pesertanya terus berkembang tiap penyelenggaraan. Mungkin ada baiknya anda kaum hawa untuk mengenal piala dunia sepak bola wanita dari tahun ke tahun.

  • Piala Dunia 1991

Ini menjadi tonggak sejarah piala dunia sepak bola wanita,pertama kali dilaksanakan. China menjadi negara yang beruntung menjadi tuan rumah. Saat ini dilakukan pada 16 sampai 30 November 1991 di Guangdong. Diikuti oleh 12 negara. Piala dunia ini memunculkan Amerika serikat sebagai juaranya setelah mengalahkan Norwegia  2 – 1 dipartai final.

  • Piala Dunia 1995

Piala dunia sepak bola wanita kedua ini diselenggarakan di Swedia. Diikuti oleh 12 negara termasuk Amerika serikat sebagai juara bertahan. Sayang kali ini Amerika Serikat tidak bisa mempertahankan gelarnya setelah kalah dari Norwegia dibabak semifinal dengan skor 1 – 0. Norwegia kemudian menjadi juaranya setelah mengkandaskan impian tim Jerman di babak final dengan skor  2 – 0.

  • Piala Dunia 1999

Piala dunia kali ini memunculkan dominasi sang tuan rumah tim Amerika Serikat. Bermain di hadapan pendukungnya, Amerika serikat tampil menjadi juara untuk kedua kalinya. Kali ini China menjadi korbannya di babak final dengan skor 5 – 4,melalui babak adu pinalti. Pada penyelanggaraan kali ini ada peningkatan jumlah pesertanya menjadi 16 tim.

  • Piala Dunia 2003

Pada awalnya piala dunia ini akan diselenggarakan di China tapi karena mewabahnya SARS,kemudian Amerika Serikat kembali menjadi pilihannya.  Kembali diikuti oleh 16 tim. Kali ini Jerman menjadi jaranya setelah mengalahkan Swedia 2 – 1.

  • Piala Dunia 2007

Kali ini China kembali ditunjuk sebagai tuan rumah. Selain memunculkan Jerman kembali mempertahankan gelarnya setelah mengalahkan Brasil 2 – 0,ada rekor lain tercipta. Rekor kemenangan terbesar terjadi ketika Jerman mengalahkan Argentina 11 – 0.

  • Piala Dunia 2011

Piala dunia yang diselenggarakan pada 16 Juni sampai 17 juli 2011 di Jerman ini, memunculkan tim asia menjadi juara untuk pertama kalinya. Jepang muncul sebagai kekuatan baru, mengalahkan Amerika Serikat 3 – 1 melalui adu pinalti.

  • Piala Dunia 2015

Ini menjadi arena balas dendam Amerika serikat atas Jepang di partai final dengan skor 5 – 2. Piala dunia yang diselenggarakan di Canada tersebut diikuti 24 tim. Ini juga penjadi tonggak sejarah penggunaan teknologi garis gawang untuk pertama kalinya.

Untuk Piala dunia sepak bola wanita selanjutnya dilaksanakan tahun 2019 di Perancis.

Spread the word. Share this post!