Mengenal Posisi Pemain Dalam Futsal

Futsal. Anda tentu sudah sering mendengar kata tersebut. Olahraga yang secara prinsip mirip dengan sepak bola tersebut sekarang sudah dikenal di mana – mana. Namun meski begitu tidak semua penikmatnya mengetahui  olahraga ini secara mendetail. Salah satunya mengenai posisi pemain dalam olah raga ini.  Seperti halnya sepakbola, olahraga indoor ini juga mempunyai  istilah – istilah yang menggambarkan posisi  di lapangan. Jika anda termasuk yang belum tau, maka ada baiknya anda mengenal posisi pemain dalam futsal sebelum anda memainkanya.

Tidak seperti sepak bola, olahraga ini dimainkan dalam sebuah ruangan dengan kisaran kurang lebih sebesar lapangan basket.  Olahraga ini juga dimainkan oleh 5 orang pemain. Tiap pemain dalam futsal mempunyai  posisi dan peran yang berbeda.

Kiper

Seperti halnya sepak bola, kiper disini juga adalah penjaga gawang. Tugasnya utamanya tentu saja menjaga gawang agar tidak dibobol oleh tim lawan. Insting , refleks dan skill menangkap bola menjadi hal yang harus dimiliki oleh seorang kiper. Di samping itu keberanian juga sangat mempengaruhi karena cenderung sering akan berhadapan dengan pemain lawan dari jarak dekat. Tentu saja dengan tendangan yang  sekeras – kerasnya dari pemain lawan menjadi resiko yang harus dihadapi.

Anchor

Jika dalam sepak bola mengenal  posisi bek, maka disini dikenal dengan anchor. Posisinya tepat di depan kiper sama halnya dengan bek. Tapi meski begitu, tugasnya tidak sesederhana bek. Tugas lebih mirip dengan gelandang bertahan pada sepak bola. Bertahan dan memulai serangan. Dengan kecenderungan sebagai kreator yang mengawali serangan, membuat skill yang butuhkan bukan cuma kuat bertahan tapi akan lebih lengkap jika mempunyai visi permainan yang baik. Selain itu karena harus bertahan dan menyerang sama baiknya, maka  faktor stamina menjadi sangat mutlak dibutuhkan oleh seorang anchor.

Flank

Jika melihat posisi dan tugasnya, flank mirip dengan pemain sayap dalam sepak bola. Posisinya memang di pinggir garis lapangan. Kiri dan kanan.  Seperti halnya pemain sayap atau winger dalam sepak bola, flank harus membekali dirinya dengan kecepatan, dribble bola yang baik dan teknik melewati lawan. Finishing dan passing yang baik juga harus dipunyai.

Pivot

Striker, istilah yang paling tepat untuk menggambarkan posisi pivot dalam futsal. Tugas utamanya memang mencetak gol ke gawang lawan. Penguasaan bola, shooting dan finishing menjadi senjata utama pivot. Akan lebih baik bila disertai dengan postur tubuh yang tinggi dan kuat hingga mampu melindungi bola dengan baik. Perbedaannya dengan striker dalam sepak bola adalah tugasnya sebagai pemutus serangan pertama lawan. Jadi skill bertahannya juga harus dipunyai.

Nah sekarang selamat bermain futsal.

Spread the word. Share this post!