Mengenal  Teknik Dasar Bermain Futsal

Olahraga yang satu ini memang sangat digemari saat ini. Apalagi bagi masyarakat perkotaan dimana mencari lapangan sepakbola semakin sulit. Jadi,futsal memang menjadi alternatif olahraga pengganti sepakbola. Olahraga ini mempunyai prinsip dasar yan sama dengan sepakbola. Meski sama, tapi anda tetap harus mempelajari teknik dasarnya agar anda bisa bermain dengan baik. Karena memang meskipun sama dengan sepakbola, tapi ada beberapa teknik yang sedikit berbeda.  Buat anda belum mengetahuinya, mari mengenal teknik dasar bermain futsal.

Ada beberapa teknik dasar futsal yang mungkin secara nama sama dengan teknik dasar sepakbola. Tapi fokus atau penggunaannya sedikit berbeda walaupun tidak semuanya berbeda. Tekniknya seperti apa, ini dia teknik dasarnya :

Stop ball / control bola

Dalam sepak bola teknik ini pada umumnya  menggunakan kaki bagian dalam. Nah, untuk futsal sendiri cenderung menggunakan bagian telapak kaki atau bagian sol sepatu. Tujuannya agar bola langsung diam ketika dikontrol. Cara melakkukannya sangat sederhana yaitu :

Dalam sepakbola teknik ini menggunakan bagian dalam kaki agar lebih presisi dan datangnya bola enak dikontrol oleh teman. Nah, kalau dalam futsal, lebih banyak menggunakan teknik chipping atau melob menggunakan bagian

  • Liat arah datangnya bola.
  • Siapkan posisi untuk menahan bola dan jaga keseimbangan badan.
  • Ketika bola datang buka ke atas bagian kaki anda dengan posisi bagian telapak kaki menghadap ke depan. Ketika bersentuhan dengan bola langsung tahan. Itu akan membuat bola berhenti.

Dribbling

Teknik ini adalah teknik berlari atau sedikit berlali dengan membawa bola. Dalam sepak bola pada umunya menggunakan bagian punggung kaki. Beda lagi dalam futsal yang lebih menggunakan bagian telapak kaki sebagai pengantur atau pengontrol bolanya. Cara melakukanya seperti ini :

  • Jaga jarak dengan pemain lawan dan kuasai bola
  • Sentuh dan dorong bola dengan menggunakan telapak kaki atau bagain sol sepatu.
  • Lakukan sambil berjalan agak cepat atau berlari dan kontrol bola dengan banyak menyentuhnya dengan bagian telapak kaki.

Baca Juga : PERNAK – PERNIK  FUTSAL

Umpan lambung (chipping)

Dalam sepakbola teknik ini menggunakan bagian dalam kaki agar lebih presisi dan datangnya bola enak dikontrol oleh teman. Nah, kalau dalam futsal, lebih banyak menggunakan teknik chipping atau melob menggunakan bagian ujung kaki. Hal ini karena lapangannya jauh lebih kecil dari sepak bola, jadi jarak untuk umpan lambungpun relatif dekat. Disamping itu teknik chipping membuat bola datangnya tidak dengan tenaga hanya dilambungkan saja, sehingga mudah dikontrol di ruang sempit oleh teman anda.  Cara melakukannya sebagai berikut :

  • Siapkan posisi badan untuk menendang bola
  • Posisi kaki tumpu disebelah bola
  • Sedikit ayunkan kaki kebelakang lalu gunakan ujung kaki dengan perkenaan tepat dibawah bola. Angkat.

Selain teknik yang tersebut ada juga teknik passing, shooting, heading. Tapi teknik yang digunakan sama dengan teknik  dalam sepak bola.

Spread the word. Share this post!