Sejarah dan Serangkaian Kontroversi PSSI

Sepak bola pada dasarnya adalah olahraga yang tak hanya populer di tanah air saja, melainkan juga di seluruh dunia, terbukti antusiasme masyarakat untuk menyaksikan pertandingan bola memang sangat tinggi. Apalagi memasuki musim piala dunia, belum lagi dengan berbagai macam bentuk atribut yang juga dijual di pasaran sesuai dengan kebutuhan konsumen, ada banyak sekali macamnya yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Di Indonesia sendiri ada sebuah induk organisasi sepak bola yang memiliki tugas untuk mengatur kegiatan sepak bola yang ada di dalam negeri, yaitu dinamakan sebagai PSSI.

Persatuan sepak bola seluruh Indonesia ini dibangun sejak tahun 1930 dan masih ada hingga saat ini yang memiliki tugas besar dalam menyelenggarakan sebuah permainan dan yang lainnya, sebenarnya jika dilihat kilas balik atau sejarah terbentuknya organisasi tersebut memang tergolong sangat panjang dan lama. Masyarakat Indonesia mulai menyukai sepak bola sejak lama, bahkan sebelum masa kemerdekaan. Karena ternyata olahraga yang satu ini memang sudah ada sejak lama diperkenalkan oleh bangsa penjajah.

Melihat dengan adanya beberapa induk organisasi yang juga turut mengatur sepak bola yang ada di negara-negara lainnya, seperti diantaranya adalah Belanda, kemudian juga negara Inggris, maka kemudian muncul inisiatif untuk membentuk PSSI. Hingga sekarang masih ada yang memegang tugas sangat penting. Ternyata juga ada beberapa hal menarik tentang sepak bola yang ada di dalam negeri, salah satu diantaranya adalah tentang induk sepak bola seluruh Indonesia tersebut, diantaranya adalah:

 Baca juga info sepak bola indonesia yang sangat mencengangkan warga dunia. Lihat selengkapya di www.aktivitasrutin.com

  1. Semasa kepemimpinan Nurdin Halid ternyata ada banyak sekali kontroversi yang terjadi, salah satu diantaranya adalah mudahnya memberikan pengampunan atas sebuah pelanggaran yang terjadi. Hal ini jugalah yang menyebabkan berbagai pihak menentang dan ingin menurunkan jabatan ketua umum organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia tersebut, apalagi setelah Nurdin Halid terjebak dalam kasus korupsi bahkan masih menjabat meskipun sudah dimasukkan dalam bui.
  2. Terjadinya konflik antara Persatuan sepak bola seluruh Indonesia dengan pemerintah yang berujung pada pembekuan dan juga sanksi pada FIFA. Hal ini setidaknya pernah terjadi di tahun 2015 dan membuat Kemenpora menjatuhkan sanksinya.
  3. Kisruh yang terjadi pada pembentukan komite normalisasi dan juga Indonesia Premier League. Hal ini yang pernah terjadi setidaknya pada tahun 2011 lalu, hal-hal yang menjadi masalah pada normalisasi ini adalah hak suara.

Beberapa kontroversi tersebut memang pernah terjadi di dalam organisasi tersebut, bahkan hingga sekarang masih sering kali terjadi masalah- masalah sejenisnya. Inilah yang juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan sepak bola di tanah air juga tak mengalami kemajuan. Sebagai organisasi induk yang memiliki tugas penting ada baiknya jika PSSI mengatur dirinya terlebih dahulu, sebelum melibatkan anggota sepak bola di Indonesia.

Spread the word. Share this post!