Update Transfer  Sepak bola  Dunia

Transfer windows  musim dingin 2018 masih sedang berlangsung. Momen ini dimanfaatkan betul oleh klub – klub sepak bola dunia untuk menambal,memperbaiki dan memperkuad skuadnya. Memang biasanya tidak seheboh transfer window akhir musim, tapi untuk kali ini, ada transfer  – transfer  yang mau tidak mau menjadi pusat perhatian. Transfernya melibatkan pemain  – pemain top dunia.  Berikut update transfer  sepak bola dunia yang bisa anda ketahui.

Philippe Coutinho  (Liverpool  – Barcelona)

Ini merupakan kejutan terbesar transfer musim dingin 2018 sepak bola dunia. Saga tentang kepindahan Coutinho ke Barcelona sudah berlangsung lama. Sempat menjadi hot transfer issue pada musim panas 2017 tapi ternyata tidak terjadi. Coutinho memang menjelma menjadi kunci,setelah Liverpool kehilangan Luiz Suarez. Kombinasi kecepatan, teknik tinggi, visi permainan, umpan yang terukur dan finishing yang yahud menjadikan Coutinho pemain idaman setiap klub. Di sisi lain, Barcelona mengalami kehilangan besar, setelah Neymar secara mengejutkan pindah ke PSG dengan transfer yang memecahkan rekor transfer dunia, 222 juta euro atau setara dengan 3,4 triliun rupiah. Sempat menggantungkan harapan pada Dembele,tapi ternyata pemain tersebut lebih sering berkutat dengan cedera. Sampai akhirnya resmi Philippe Coutinho resmi diboyong  Barcelona dengan nilai transfer  160 juta euro atau setara dengan  2,57 triliun rupiah.

Virgil Van Dijk (Southampton  –  Liverpool)

Liverpool yang mempunyai daya ledak yang luar biasa di sisi penyerangan, memang mempunyai kelemahan di sisi pertahanan. Inilah yang membuat Liverpool tidak kunjung bisa berprestasi. Hal ini disadari betul oleh Jurgen Klopp,pelatih Liverpool saat ini. Klopp pun berusaha untuk memperbaiki sisi pertahanannya. Dari sekian nama, munculah nama Virgil Van Dijk, palang pintu tangguh Southampton. Sebenarnya Van Dijk bukanlah sosok bek yang termasuk jajaran bek top dunia, tapi permainan konsistennya di Southampton menggoda Klopp untuk memboyongnya. Akhirnya sepak bola dunia dikejutkan  setelah  Virgil Van Dijk resmi menjadi bek termahal di dunia,setelah diboyong Liverpool. Nilai transfernya 75 juta pounds atau setara dengan 1,36 triliun rupiah.

Alexis Sanchez  –  Henrikh  Mkhitaryan  (Arsenal  –  Manchester United)

Ini termasuk transfer yang juga mengundang kehebohan sepak bola dunia. Melibatkan 2 tim rival, yang juga melibatkan 2 pemain top dunia. Manchester United yang berusaha meningkatkan produktifitas timnya,membutuhkan pemain seperti Sanchez. Di sisi lain sebernarnya Arsenal masih membutuhkan jasa Sanchez. Tapi  Wenger menyadari tidak mungkin menahan pemain yang sudah tidak betah di timnya. Sementara Mkhitaryan membutuhkan jam terbang,setelah kesempatannya bermainnya jauh berkurang musim ini. Solusi terbaikpun terjadi. Terjadilah transfer yang melibatkan ke 2 pemain tersebut dengan tim yang sama pula. Pertukaran yang menguntungkan kedua belah pihak.

                        

Spread the word. Share this post!