Perbedaan Kualitas Sepatu Sneaker Original dan Tiruan

Model sepatu jenis sneakers sangatlah populer di kalangan masyarakat karena dapat membuat penampilan terlihat sporti, tetapi trendy. Banyak sekali brand-brand terkenal di dunia yang memproduksi sepatu model ini, selain karena pasarnya yang besar, juga karena dapat digunakan di berbagai macam acara dan situasi. Sneakers pria seolah telah menjelma menjadi must have item bagi para lelaki.

Sepatu sneakers sangat cocok digunakan untuk jalan-jalan bahkan untuk pergi sekolah. Sneakers juga sangat nyaman digunakan dalam waktu lama sehingga tidak akan membuat penggunanya menderita lecet di kakinya.. Bahan pada sepatu ini juga sangat beragam, mulai dari kanvas, jeans, tweed, dan cordury. Saat kamu memakai sepatu ini, kamu bakal terlihat casual, tetapi tetap terkesan aktif dan “laki banget”.

Besarnya pasar dan peminat sepatu ini, membuat siapapun tidak heran jika sepatu ini sangat laku di pasaran, baikĀ  pasar online maupun pasar konvensional. Tidak hanya itu, sepatu sneakers pria original dengan harga yang sangat mahal pun banyak beredar di mall dan berbagai toko online.

Sayangnya, tidak semua orang bisa membeli sepatu sneakers original dengan harga yang sangat tinggi itu. Akibatnya, banyak sekali pembeli yang ingin tampil keren dengan membeli sneaker tiruan atau replika. Bahkan permintaannya pun cukup tinggi di pasaran.

Meski begitu, ada beberapa kerugian yang bisa didapatkan jika membeli sepatu tiruan atau akrab disebut dengan KW. Kalau kamu menggunakan sepatu KW, tentu saja tidak akan bertahan lama lantaran bahan yang digunakan pada sepatu KW tidak memiliki kualitas bagus layaknya kualitas sepatu sneaker original. Apalagi sih perbedaan kualitas sepatu sneaker original dengan sepatu tiruan atau KW ini? Simak uraiannya berikut ini!

Aroma Sepatu

Siapa sangka kalau aroma sepatu bisa loh menjadi penanda apakah sepatu tersebut original atau KW. Sneakers Nike atau Adidas original, biasanya solenya terbuat dari karet berkualitas. Dengan begitu, jika kita menggunakan indra penciuman saat membuka kotak sepatu atau sepatu original itu sendiri akan berbau seperti karet. Sedangkan pada sepatu tiruan atau KW akan memiliki bau menyengat. Kamu juga bisa menemukan bau lem dan menyengat seperti plastik.

Insole Sepatu

Hampir semua sepatu Adidas dan Nike yang original memiliki insole. Biasanya insole sepatu dengan kualitas original berasal dari busa yang bagus. Pada bagian tempat kaki berpijak akan berasal dari kain yang bahannya sangat halus dan nyaman digunakan. Insole yang ada di sepatu original biasanya dibuat sangat detail. Beda halnya dengan sepatu tiruan yang tidak akan memperhatikan hal-hal hingga ke bagian yang detail.

Kualitas sepatu sneakers original

Kualitas pembuatan sepatu original sudah pasti berbeda dengan yang KW yah! Salah satu indicator kualitas pembuatan yang bisa kita lihat adalah pada bagian jahitan. Jahitan pada sepatu original tentunya akan lebih rapih dan lebih rapat kalau dibandingkan dengan sepatu KW atau tiruan.

Harga sepatu

Tentu saja dengan bahan dan kualitas yang bagus dan terjaga, sepatu original memiliki harga yang relatif lebih mahal. Bahkan pada setiap merek, setiap model sepatunya memiliki harga yang bervariasi atau beragam. Berbeda dengan sepatu KW atau tiruan yang biasanya memiliki satu harga yang dipukul rata.

Teknologi pada sepatu

Bagian-bagian tertentu pada sepatu original biasanya memiliki teknologi yang membuat sepatu tersebut nyaman dipakai oleh pemakainya. Kamu tentu sering mendengar nama teknologi yang sering digunakan oleh Nike dan Adidas pada sepatu yang diproduksinya seperti Air Max, Lunarlon, Boost, Bounce, dll. Sedangkan pada sepatu tiruan atau KW, produksinya hanya mementingkan penampilan luar. Tentu saja tanpa memperhatikan kualitas dan kenyamanan saat penggunaan sepatu tersebut.

Spread the word. Share this post!