Fungsi dari Sistem Navigasi GPS Mobil dan Tips untuk Mendapatkannya

Gayahidupterkini.com – Mobil modern sekarang semakin canggih saja fiturnya. Mulai dari mampu menonton video atau film di dalamnya, teknologi bluetooth, bahkan sampai dengan mobil yang bisa memarkir sendiri. Tidaklah mengherankan jika kemudian di dalam mobil sendiri juga dipasang alat untuk memudahkan Anda melakukan perjalanan agar tidak tersesat. GPS mobil merupakan alat navigasi yang sangat berguna jika Anda tidak hapal jalan atau berada di kota lain.

Fungsi Navigasi Gps Mobil

Fungsi Navigasi Gps Mobil

Tahukah Anda bahwa GPS sendiri tidak selalu berarti sistem navigasi untuk menunjukkan jalan? Untuk mobil sendiri, ada 2 jenis GPS, yaitu:

  • GPS tracker – yang dipasang di mobil dan berguna untuk melacak di mana posisi mobil jika mobil tersebut hilang. Selain itu, tracker seperti ini juga dilengkapi dengan kamera tersembunyi dan pengunci otomatis.
  • GPS navigasi – sistem penunjuk arah yang menggunakan sinyal dari satelit, yang mendeteksi posisi mobil Anda sekarang dan menunjukkan peta lokasi sekitar. Anda tidak akan tersesat dengan alat ini.

Berbicara tentang GPS mobil, terutama GPS navigasi, fungsi rinci dari alat ini sendiri adalah:

  1. Peta
    GPS berguna untuk memberikan peta kota, negara, sampai seluruh dunia. Asalkan diperbaharui secara rutin, Anda akan mendapatkan peta lengkap daerah mana pun.
  2. Point of Interest
    GPS juga bisa menunjukkan lokasi tempat-tempat menarik di sekitar posisi Anda, sekaligus rute menuju tempat tersebut.
  3. Memberikan peringatan
    Ketika jalan tertentu mengalami macet, kecelakaan, atau perbaikan jalan, GPS navigasi bisa memberikan Anda informasi berguna tersebut sebelum Anda terjebak di dalamnya.
  4. Memutuskan rute
    Anda bisa menentukan apakah menggunakan rute paling cepat (Anda akan sering masuk tol dan jalan lain yang lancar), atau rute terdekat, di mana jalan alternatif seperti jalan tikus pun akan diperlihatkan.

Kalau Anda tertarik untuk menggunakan sistem navigasi ini, perhatikan ini sebelum Anda membelinya:

  1. Lengkap tidaknya peta
    Fungsi utama GPS navigasi adalah penunjuk jalan, sehingga GPS dengan peta lama sama saja bohong. Pastikan bahwa software GPS tersebut gampang untuk diperbaharui.
  2. Sinyal
    Pastikan juga bahwa sinyal GPS ini responsif, yang membuatnya mudah menangkap sinyal dari satelit untuk tahu posisi.
  3. Layar
    Layar haruslah cukup lebar untuk melihat peta dengan jelas, dan resolusi yang lumayan tinggi.
  4. UI mudah dimengerti
    Alias User Interface. Pilih yang pengaturannya gampang untuk dipelajari, sehingga Anda tak membuang banyak waktu mempelajari ulang.
  5. Kelengkapan perangkat
    Pastikan juga bahwa GPS mempunyai charger, softcase, memori, kabel data, dll.

Memiliki GPS mobil akan sangat membantu jika Anda tidak hapal jalan atau berada di tempat baru. Menggunakan alat ini, Anda akan bisa mencari rute terbaik untuk sampai di tujuan. Carilah GPS yang seimbang antara harga dan kualitasnya, dan jangan ragu untuk membeli alat yang cukup mahal agar mendapatkan perangkat awet.

Spread the word. Share this post!

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *