INFO TERKINI DARI MEDIA SOSIAL

Kalau dulu mendapatkan info terkini hanya bisa dari surat kabar dan berita di televisi, tidak untuk sekarang ini. Anda bisa mendapatkan info terkini dari media sosial. Dan kecepatan info ini sampai pada Anda sangat luar biasa cepatnya. Mau itu info terkini dari facebook, BBM, what’sapp, instagram, atau media sosial lainnya.

Anda tidak perlu bingung, karena bentuk info terkini dari media sosial itu tersebar dalam bentuk broadcast atau status yang dishare dan menjadi viral. Info yang tadinya hanya diketahui oleh segelintir orang saja, menjadi berita sangat besar dan diketahui oleh banyak orang. Ditambah kalau info itu dibarengi dengan adanya bukti berupa foto. Percayalah, sebagian besar dari orang-orang yang mengetahui itu akan bilang kalau memang info itu 100% benar.

Oke, andaikan info terkini dari media sosial itu memang benar, artinya Anda sudah ikut menyebarkan kebenaran. Tapi bagaimana kalau tidak? Bagaimana kalau itu hanya hoax semata? Bukankah itu akan merugikan seseorang atau sekelompok orang yang diberitakan? Kalau sudah begini, siapa yang akan disalahkan? Pasti orang akan saling menunjuk, bahwa dia mengetahui info tersebut dari dia. Begitu seterusnya tanpa ujung kepastian.

Baca Juga: CARA DIET SEHAT TANPA KELAPARAN

Oleh karena itu, sebelum Anda menyebarkan sebuah info terkini dari media sosial, Anda sebaiknya mencaritahu terlebih dahulu mengenai kebenarannya. Terutama untuk pesan-pesan yang hanya berbentuk tulisan saja. Karena memang sebuah tulisan tidak akan menjadi kuat tanpa bukti. Apa buktinya? Foto atau video yang bisa Anda pasang pada photo profile atau ikut dalam  broadcast Anda.

Apakah foto dan video dari info terkini yang Anda sebar-luaskan semuanya adalah kebenaran? Belum tentu juga. Terutama bentuk foto yang mudah diedit, meskipun banyak juga beberapa orang yang sudah banyak mengetahui tentang ilmu pengeditan. Sementara untuk video jauh lebih memberikan kemudahan apakah dia menjadi kebenaran atau kebohongan suatu info. Apalagi kalau video itu dibuat dalam satu frame tanpa terputus.

Lalu bagaimana dengan sikap Anda ketika menjadi netizen untuk info terkini yang menjadi viral, misal melalui facebook? Bersikap bijak. Jangan biarkan diri Anda menjadi orang yang mudah sekali menghujat dan menyumpah-serapahi orang lain, sementara diri Anda sendiri tidak lebih baik darinya. Tapi kalau Anda memposisikan diri sebagai pengkritik lain soal. Karena dalam sebuah kritikan ada masukan yang bisa membangun orang yang kehidupannya sedang dijadikan info terkini di media sosial.

Semoga saja, dengan adanya ulasan tentang info terkini dari media sosial ini mampu membuat diri kita jauh menjadi wise dalam bertindak. Jangan sampai apa yang kita sebarkan malah menjadi masalah atau ancaman serius untuk orang yang tidak bersalah. Atau malah info itu menjadi boomerang bagi kita.

Spread the word. Share this post!