Mendeteksi Kebenaran Berita Terbaru di Internet

Internet menawarkan berbagai kemudahan, salah satunya adalah dalam hal memberikan informasi yang cepat. Internet memungkinkan kita memperoleh berita terbaru tentang kejadian di tempat yang jauh hanya dalam waktu beberapa detik. Namun, cepat tidak berarti otomatis akan akurat. Berita yang kita dapatkan secara instan dan cepat di internet bukan tidak mungkin mengandung kebohongan dan berita-berita palsu yang disebarkan orang-orang tidak bertanggung jawab demi kepentingan tertentu untuk meraup keuntungan untuk diri mereka. Hidup di era informasi yang deras membuat kita harus cerdas dalam mempercayai kebenaran sebuah berita. Jangan sampai kita terjebak oleh berita bohong yang sama sekali tidak akan membawa faedah bagi kehidupan kita. Terdapat beberapa kiat dan tips dalam mendeteksi kebenaran berita terbaru yang tersebar di internet. Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus kita lakukan untuk memastikan bahwa berita terkini yang kita baca di internet dapat dipercaya dan tidak mengandung kebohongan.

Menelusuri Narasumber

Cara paling mudah untuk mendeteksi kebenaran berita terbaru di internet adalah dengan menelusuri narasumber berita tersebut. Berita yang dapat dipercaya adalah berita yang disampaikan oleh narasumber yang terpercaya pula. Setiap berita seharusnya memberi keterangan tentang siapa narasumber yang menyampaikan berita tersebut. Tidak jarang, berita bohong disebarkan tanpa keterangan narasumber, sehingga bukan tidak mungkin jika berita tersebut hanya karangan dan imajinasi seseorang belaka dan tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pastikan bahwa narasumber tersebut dapat dipercaya. Misalnya ada berita tentang kematian seorang tokoh terkenal. Cari tahu dari mana berita tersebut bersumber. Jika narasumber berita tersebut adalah orang dekat sang tokoh atau orang yang dapat dipercaya, maka berita tersebut bisa jadi memang benar adanya. Namun jika yang menyampaikan kabar kematian seorang tokoh tersebut adalah orang yang sama sekali tidak memiliki hubungan dengan sang tokoh, kita perlu meragukan kesaksiannya.

Baca Juga : BERITA TERBARU TENTANG AGUS HARIMURTI YUDHOYONO

Menyeleksi Situs Berita Terpercaya

Tidak semua situs berita di internet dapat dipercaya. Akhir-akhir ini banyak bermunculan situs-situs berita antah-berantah yang dibuat untuk memfasilitasi kepentingan segelintir orang atau kelompok. Berita-berita yang dihasilkan situs-situs yang seperti itu umumnya mengandung propaganda, sehingga kita perlu hari-hari dalam menyeleksi situs berita demi mendapatkan berita terbaru dan terkini. Agar tidak terjebak oleh berita palsu, kita harus pandai menyeleksi situs berita yang benar-benar terpercaya. Bacalah di media-media online yang sudah terbukti kredibilitasnya, alamat dan susunan keredaksiannya jelas, dan yang terpenting mereka memiliki izin atau payung hukum sebagai media berita.

Memperhatikan Keterangan Konten Berita

Jika cara tersebut di atas dirasa sulit, cara paling mudah untuk mendeteksi kebenaran berita terbaru adalah dengan memperhatikan keterangan atau konten berita secara utuh. Berita yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya mengandung informasi tentang 5 W 1 H, yaitu berisi informasi tentang apa (yang sedang terjadi), siapa, di mana, kapan, kenapa, dan bagaimana. Jika keenam informasi tersebut terpenuhi dalam sebuah konten berita, maka kita dapat mempercayai isi berita tersebut.

Spread the word. Share this post!