Teknologi Mengubah Gaya Hidup Masa Kini

Menurut Wikipedia, gaya hidup adalah bagian dari kebutuhan sekunder manusia yang bisa berubah bergantung zaman atau keinginan seseorang untuk mengubah gaya hidupnya. Hal itu bisa dilihat dari cara berpakaian, kebiasaan dan lain –lain. Dalam konteks ini, teknologi  juga merupakan bagian dari perkembangan zaman. Teknologi juga sebagai identitas zaman. Jadi sangat dimungkinkan teknologi mengubah gaya hidup masa kini.

  • Transaksi perbankan

Dulu ketika kita akan melakukan transaksi keuangan dengan perbankan seperti  mengirim uang, mengecek saldo dan lain– lain, harus datang ke bank. Mungkin kalau jarak dari rumah ke bank dekat, enggak terlalu masalah, cuma harus antri saja. Tapi ini menjadi masalah bila misalkan jaraknya cukup jauh atau bahkan  jauh. Tentu saja makan waktu dan biaya. Sekarang dengan perkembangan teknologi, yaitu dengan adanya fasilitas internet banking, transaksi perbankan bisa dilakukan dimanapun. Kita bisa mengirim uang sambil tiduran dikamar atau sambil mandi sekalipun.  Artinya ada perubahan gaya hidup yang cukup signifikan akibat pengaruh teknologi.

  • Transaksi jual beli

Dulu pernah terbayang tidak, kalo kita bisa memilih –memilih barang sekaligus membelinya tanpa harus pergi ke tempat penjualnya? Pasti tidak. Teknologi kembali berperan mengubah kebiasaan itu. Melalui media sosial  dan market place yang dengan mudah kita bisa gunakan mengubah gaya hidup yang masih mengandalkan aktifitas fisik murni. Sekarang jika kita memerlukan sesuatu tinggal browsing, pilih, beli dan tunggu barang dikirim. Dan itu tentu saja bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun dengan kondisi si penjual dan pembeli tidak bertatap muka langsung.

  • Komunikasi tanpa batas

Bayangkan besarnya biaya dan waktu yang dibutuhkan seseorang yang ingin bertemu, ngobrol dengan bertatapan muka tapi terpisahkan oleh jarak. Beda pulau misalnya. Hal yang mungkin sangat jarang bisa dilakukan. Sekarang? Kita cukup mengisi pulsa lalu video call. Biaya pulsanya pun tidak seberapa bila dibandingkan harus datang langsung. Hasilnya sama saja, karena kita bisa melihat langsung orangnya. Teknologi  benar-benar mempermudah komunikasi.

  • Transportasi online

Dulu ketika kita ditanya orang tentang profesi kita, mungkin kita akan malu – malu ketika menjawab ojek. Sekarang, bahkan orang-orang rela ngantri untuk bisa menjadi ojek online.  Kemudahan dan penghasilan besar menjadi faktor yang mempengaruhinya. Belum lagi kemudahan dari sisi konsumen. Dulu kita mau memakai jasa ojek harus datang ke pangkalan. Sekarang, kita tinggal  keluarkan hp, masuk aplikasi transportasi online, pesan, maka ojek online akan datang ke tempat kita.

Sesungguhnya masih ada hal– hal yang lain yang berubah akibat perkembangan teknologi kalo dicermati. Tapi dari situ saja kita bisa simpulkan bahwa teknologi sebagai simbol peradaban ,benar– benar mengubah gaya hidup masa kini.

Spread the word. Share this post!