Ternyata Ini Cara Merawat Baterai Kamera Gopro Agar Tahan Lama

Fotografi memang dunia yang sudah sangat luas. Kini hampir semua hal tak akan bisa dilepaskan dari momen foto. Bagi pecinta petualangan, kamera biasa tentu kurang bisa mengcover segala kebutuhan pengambilan gambar yang ada. Namun tenang saja karena saat ini sudah ada kamera action yang siap untuk membantu Anda dalam menangkap gambar. Kamera Gopro hero menjadi pilihan banyak petualang karena memang desainnya yang mendukung untuk dibawa kemana-mana dan juga ketahanannya pun maksimal untuk segala medan.

Untuk bisa menggunakan kamera action ini secara maksimal, tentunya kamera membutuhkan baterai. Ya, baterai Gopro yang mampu tahan lama tentu akan membuat Anda bisa tangkap setiap momen yang istimewa. Meski demikian baterai Gopro juga harus dirawat sehingga bisa tahan lama. Berikut ini beberapa tips agar baterai Gopro tahan lama:

Ternyata Ini Cara Merawat Baterai Kamera Gopro Agar Tahan Lama

1. Charge setelah beli
Segera setelah memiliki kamera action ini, jangan langsung pakai kameranya. Tunggu dulu dan charge baterai Gopro tersebut mengingat kamera baru dayanya masih kosong. Cara mengisinya juga jangan hanya setengah-setengah, namun isi sampai baterai Gopro benar penuh. Meski memang diperlukan waktu yang lebih lama karena baterai baru adaptasi dengan daya listriknya. Jika Anda ingin memastikan berapa lamanya harus mengisi daya baterai Gopro, maka bisa tanya juga ke penjualnya.

2. Pakai battery charge
Pengisi baterai yang khusus atau battery charge memang tidak sepaket diberikan ketika Anda membeli kamera Gopro baru. Umumnya para pengguna kamera action cenderung mengisi daya dengan baterai masih terpasang di kamera. Namun hal ini sebetulnya cukup membahayakan baterai dan juga kameranya. Oleh karena itu ada baiknya jika Anda menggunakan battery charge ini sehingga baterai Gopro pun bisa awet. Kini benda ini pun sudah sangat mudah ditemukan di situs belanja online.

3. Hindari suhu ekstrim
Pada suhu yang dingin, umumnya daya pada baterai akan perlahan berkurang meskipun tak dipakai. Oleh karena itu ketika Anda ada agenda pemotretan pada suhu rendah, maka simpan baterai dekat tubuh sehingga suhu hangat tubuh akan mampu membuat baterai Gopro menjadi lebih tahan lama lagi.

4. Lepas baterai saat tidak dipakai
Hal yang satu ini sangat jarang sekali dilakukan oleh para pengguna kamera action yakni dengan melepas baterai ketika kamera sedang tidak dipakai. Biasanya para pemilik kamera cenderung langsung meletakkan kameranya begitu saja. Sebetulnya hal ini kurang baik karena itu Anda harus ubah kebiasaan ini. Meski kamera sedang tidak digunakan, namun baterai terus menerus akan menggunakan mode stand by yang siap dipakai. Untuk itu jika selesai dipakai, ada baiknya baterai dilepas sehingga baterai pun bisa punya waktu istirahat juga.

5. Cabut adaptor langsung saat penuh
Jangan biarkan adaptor berlama-lama menyambung ke baterai. Ada baiknya langsung cabut adaptor ketika Anda sudah melihat bahwasannya sudah penuh. Anda bisa mengisinya sambil menyalakan alarm sekitar 3 hingga 4 jam sehingga bisa memberikan peringatan.

Itulah beberapa tips bagi Anda jika ingin menjadikan baterai kamera Gopro awet dan tahan lama. Tentunya dengan baterai yang tahan lama, maka kamera pun akan bisa berfungsi dengan maksimal. Anda bisa membawanya kemana-mana dan melakukan pemotretan secara puas. Jangan lupa lindungi kamera action kesayangan Anda dengan tas dan juga aksesoris lainnya yang kini bisa didapat di toko perlengkapan kamera online.

Spread the word. Share this post!