6 Tips Belanja Hemat dan Cermat Sesuai Kebutuhan

Belanja merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan, karena Anda perlu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Namun dalam berbelanja anda juga tetap harus ingat untuk belanja hemat. Hal ini dilakukan agar masih terdapat sisa uang belanja yang dapat digunakan ketika keadaan mendesak. Berikut akan diulas tips saat belanja agar hemat:

  • Bawa Budget yang Pas Sesuai dengan Kebutuhan

Ketika Anda berbelanja, bawalah uang secukupnya saja sesuai dengan daftar belanja yang telah dibuat. Jika khawatir terhadap kenaikan harga, cukup membawa uang tambahan tidak lebih dari 10 % dari perkiraan biaya belanja. Hal ini dilakukan agar Anda fokus untuk membeli barang-barang yang memang diperlukan. Jika masih ada sisa, boleh dipakai untuk membeli barang yang lain atau akan lebih baik lagi jika ditabung. Membawa uang yang secukupnya juga dilakukan agar terhindar dari tindak kejahatan.

  • Langsung Pulang Setelah Belanja

Jika Anda sudah selesai belanja, maka langsung pulang ke rumah. Tidak perlu untuk jalan-jalan atau cuci mata di sekitar tempat belanja. Jalan-jalan atau berkeliling setelah belanja justru akan membuat Anda tertarik dengan barang-barang lain yang tidak terlalu dibutuhkan.

  • Buat Daftar Belanja

Sebelum Anda belanja, wajib untuk membuat daftar belanja terlebih dahulu. Hal tersebut dilakukan agar Anda hanya membeli bahan-bahan yang memang dibutuhkan dan agar tidak ada barang yang ketinggalan. Dalam membuat daftar belanja, mulailah dari barang yang paling penting, berlanjut pada barang sekunder maupun tersier yang diinginkan tetapi tetap harus memperhatikan keadaan keuangan.

  • Disiplin dengan Daftar Belanja yang Telah Dibuat

Tujuan dari membuat daftar belanja adalah untuk menghindari membeli barang-barang yang tidak terlalu diperlukan. Maka dari itu Anda harus disiplin dalam menerapkan daftar belanja yang telah Anda buat. Jika memang ingin membeli barang di luar daftar belanja, lakukan ketika semua barang yang terdapat dalam daftar belanja sudah terbeli, dan masih ada sisa uang. Belanja hemat tidak akan terwujud apabila Anda tidak disiplin dengan daftar belanja yang telah Anda buat sendiri.

  • Jangan Melakukan Pembayaran Menggunakan Kartu Kredit atau Debit

Ketika berbelanja sebaiknya Anda membawa uang tunai. Hal ini disarankan karena Anda akan lebih mempunyai batasan ketika membawa uang tunai. Mengapa kartu kredit dan debit tidak disarankan, karena kemungkinan menambah daftar belanjaan akan semakin besar dan akan menambah pengeluaran Anda. Bila Anda merasa tidak aman jika membawa uang tunai, Anda dapat membawa kartu ATM khusus untuk belanja yang mempunyai saldo terbatas.

  • Catat Pengeluaran Belanja

Pastikan menyimpan resi atau bon belanjaan dari toko atau swalayan tempat Anda belanja. Jika toko tidak menyediakan bon, maka catatlah sendiri. Lakukan pencatatan setiap selesai belanja. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mereview harga setiap barang, sehingga Anda dapat memperkirakan pengeluaran pada belanja berikutnya. Selain itu Anda juga bisa mengecek harga di tempat lain, barangkali ada yang lebih murah namun berkualitas baik.

Spread the word. Share this post!