Resep Masakan Sederhana Urap Sayur, Salad Lezat Khas Indonesia

PatysKitchen Blog

 

Kamu tahu tidak bahwa Indonesia juga memiliki sajian salad lokal, lho. Tidak percaya? Namanya adalah urap sayur. Yap, selain lalapan, resep urap sayuran ini biasa juga dianggap sebagai saladnya Indonesia. Urap sayur biasa hadir di berbagai menu seperti gado-gado, nasi rames, atau dijual sendiri sebagai menu mandiri.

 

Baca di sini: https://review.bukalapak.com/amp/food/makan-sayur-sehat-tapi-tetap-nikmat-dengan-resep-urap-sayuran-sedap-ini-34855

 

Urap sayur merupakan makanan yang terbuat dari kangkung, buncis, tauge, wortel, bayam, dan tentunya parutan kelapa pedas. Rasanya enak sekali. Gurih kelapa dan pedas sambal bercampur menciptakan sebuah citarasa unik yang menggoyang lidah. Dimakan dengan nasi hangat, urap sayur nampaknya membuatmu tak mudah kenyang. Kamu akan selalu ingin menambah porsinya lagi dan lagi.

 

Nah, sebelum membahas tentang resep masakan sederhana ini, sebaiknya kamu harus tahu apa saja sih manfaat dari urap sayur? Ini dia:

 

  • Melancarkan pencernaan. Kangkung, bayam, dan sayuran tambahan lainnya akan sangat melancarkan pencernaanmu. Jadi kalau kamu terkena sembelit, alih-alih mengonsumsi obat pencahar, makan saja urap sayur
  • Menambah kelezatan masakan: Ya, urap sayur punya rasa yang unik, gurih dan sedikit asin. Urap sayur dapat membuat makananmu lebih berkarakter dan lebih lezat
  • Murah meriah: Mau makan enak tapi tidak mau bayar mahal? Solusinya adalah urap sayur. Bahkan, dengan urap sayur, kamu tidak perlu lauk untuk membuat makananmu menjadi lezat
  • Memiliki kandungan sempurna: Bukan sekadar vitamin pada sayur, urap juga menyumbang lemak nabati melalui parutan kelapa.

 

Banyak sekali bukan manfaat dari urap sayur? Maka dari itu, simak saja yuk bagaimana cara membuat urap sayur? Mudah sekali untuk dilakukan, bahkan kamu cuma akan membutuhkan waktu tidak lebih dari dua puluh menit.

 

Siapkan bahan-bahan

Bahan-bahan dasar urap sayur sangat terjangkau dan mudah ditemukan di mana saja. Nah, bahan-bahan utama dari makanan khas Sunda tersebut antara lain bayam, kangkung, wortel, tauge, dan juga kelapa parut secukupnya.

 

Sementara itu, bahan-bahan tambahannya adalah cabai, terasi, asam jawa, garam, bawang merah, dan bawang putih. Oh ya, untuk asam jawa, masukkan saja secukupnya. Terkadang juga banyak orang yang tidak menggunakannya.

 

Cara membuat

1.Pertama-tama, rebus selama 5 hingga 10 menit bahan-bahan utama yang berupa sayuran

2.Kemudian, ulek atau tumbuhan bahan tambahan seperti bawang merah, bawang putih, cabai, terasi Jawa dan juga asam

3.Setelah itu, tumis bumbu-bumbu, masukkan sayuran yang sudah direbus tadi dan juga kelapa parut tumis hingga mencapai kematangan sesuai dengan yang kamu inginkan.

 

Kemudian, sajikan selagi hangat baik dengan nasi maupun dengan kentang. Nah, urap sayur yang lezat pun kini sudah tersaji dengan baik.

 

Lezat sekali bukan? Oh ya, urap sayur ini lezat sekali, tetapi ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat mengonsumsi makanan yang satu ini:

 

  1. Konsumsi dengan segera: mengingat bahan-bahan urap sayur adalah sayuran dan kelapa yang tentunya mudah basi.
  2. Perhatikan rasa pedas: Kamu bisa memilih untuk menggunakan cabai merah atau cabai rawit. Hal itu tergantung pada seleramu terhadap rasa pedas. Kalau kamu tidak suka makanan yang terlalu pedas, lebih baik kamu menggunakan sambal merah saja, karena setelah ditumis, sambal akan bertambah tingkat kepedasannya.
  3. Pastikan kelapa belum basi: kelapa yang basi tidak hanya membuat citarasa urap menjadi rusak tetapi juga akan membahayakan kesehatanmu. Kelapa parut yang basi akan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diare misalnya

 

Mudah sekali bukan cara membuat urap ini? Yuk segera sajikan sebagai menu lezat bagi keluargamu!

Spread the word. Share this post!