5 Cara Aman Dalam Berbelanja Via Online

Dengan berkembangnya kemajuan teknologi, hal ini membuat masyarakat menyukai segala hal yang serba instan, praktis, mudah, dan juga cepat. Salah satunya yaitu belanja online. Saat ini Anda bisa memperoleh dengan mudah barang yang ingin dibeli tanpa harus mengunjungi toko tersebut. Selain harga yang ditawarkan lebih murah, belanja di toko online juga memberikan kepuasan tersendiri dalam berbelanja. Namun, dalam berbelanja via online Anda juga perlu mewaspadai segala risiko keamanan yang ada. Berikut beberapa cara aman dalam berbelanja secara online yang perlu Anda ketahui, yaitu:

5 Cara Aman Dalam Berbelanja Via Online

 

  • Gunakan Situs Belanja Online yang Terpercaya

 

Hal yang paling mendasar dan perlu Anda perhatikan saat belanja online adalah dengan menggunakan situs toko online yang terpercaya. Hal ini dikarenakan setiap situs online tentu sudah dilengkapi dengan aplikasi sekuriti yang bisa menjamin keamanan berbelanja Anda. Selain itu, sebisa mungkin gunakan situs toko online yang sudah memiliki nama yang besar atau banyak digunakan orang lain, sehingga dapat memperkecil terjadinya risiko keamanan.

 

  • Pilihlah Seller dengan Reputasi Terbaik

 

Tips selanjutnya yaitu carilah seller dengan reputasi terbaik. Hal ini dikarenakan tidak semua seller profesional, ada juga yang dapat merugikan konsumen. Oleh sebab itu, Anda harus memilih seller terbaik yang sudah direkomendasikan atau terkenal di kalangan masyarakat.

Untuk mencari informasi ini cukup mudah, biasanya Anda bisa mengetahuinya dengan melihat bintang atau nilai tertentu yang biasa diberikan konsumen kepada toko online tersebut. Semakin tinggi bintang atau nilai penjual, maka semakin terpercaya seller tersebut. Anda juga bisa mengetahuinya melalui testimony konsumen-konsumen sebelumnya.

 

  • Gunakan Rekening Bersama

 

Dalam kegiatan belanja online, cara aman yang bisa Anda lakukan lainnya yaitu dengan menggunakan rekening bersama. Hal ini bertujuan supaya transaksi online dapat berjalan dengan aman dan nyaman serta terhindar dari risiko penipuan.

Sistem rekening bersama ini memberikan banyak keuntungan seperti penjual baru bisa mendapatkan uang yang ditransfer apabila barang tersebut telah sampai di tangan konsumen dan sebaliknya. Uang tersebut juga bisa kembali lagi ke Anda jika barang tidak sampai atau tidak sesuai. Anda juga bisa menggunakan kartu kredit karena bisa membatalkan transaksi jika produk tidak sesuai keinginan atau tidak sampai.

 

  • Perhatikan Deskripsi Produk dengan Teliti

 

Anda juga harus teliti dalam membaca deskripsi produk yang telah dicantumkan seller pada laman iklan. Dalam kegiatan belanja online, sebagai pembeli tentunya Anda tidak bisa melihat fisik barang secara langsung. Hal ini menjadi permasalahan yang kerap terjadi pada konsumen seperti membeli pakaian, perlu diperhatikan ukuran, bahan dan lainnya dari baju tersebut.

 

  • Hindari Penggunaan WiFi Publik

 

Cara aman berikutnya yaitu dengan tidak menggunakan WiFi publik. Mengapa demikian? Transaksi online yang diakses menggunakan WiFi publik akan mengakibatkan risiko keamanan identitas dan data pribadi Anda dapat dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebisa mungkin, gunakan jaringan internet pribadi supaya hal ini tidak terjadi pada Anda.

Spread the word. Share this post!