5 Tips dan Trik Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Maraknya belanja online beberapa tahun terakhir ini membuat para pelaku usaha berbondong-bondong memasarkan produk mereka melalui internet. Sayang, belakangan ini banyak situs belanja online mendapat keluhan dari pelanggannya yang merasa tertipu karena produk yang merek terima nyatanya tidak sesuai dengan iklan yang ditawarkan.

5 Tips dan Trik Agar Tidak Tertipu Saat Belanja Online

Wajar saja, karena sebuah iklan tidak mungkin memuat mengenai kekurangan barang yang dipasarkan. Hanya saja, para calon pembeli dituntut untuk teliti dan berhati-hati dalam mencari barang di toko online. Untuk menghindar kerugian seperti ini, sebaiknya Anda menyimak tips dan trik belanja online berikut ini.

Teliti Dalam Membaca Deskripsi Produk

Dalam belanja online, biasanya penjual atau toko sudah menyertakan deskripsi produk yang mereka jual. Deskripsi tersebut biasanya memuat tentang bahan, ukuran, variasi, serta stok barang yang tersedia. Di sinilah ketelitian Anda diperlukan untuk membaca deskripsi produk sebelum memutuskan untuk membeli. Hal ini bertujuan untuk menghindari kekecewaan jika barang yang Anda beli sudah sampai ke tangan Anda namun tidak memenuhi ekspektasi.

Jangan Malu Bertanya Kepada Penjual

Namanya belanja online, Anda tidak bisa memastikan secara langsung kondisi barang yang akan dibeli. Oleh karena itu, berinisiatiflah untuk bertanya lebih lanjut mengenai kondisi barang. Jangan malu bertanya kepada penjual, terlebih lagi jika deskripsi produk yang dituliskan masih kurang jelas atau ada beberapa hal tidak Anda mengerti. Toko online biasanya menyediakan kontak yang bisa dihubungi calon pembeli, atau kalau di marketplace biasanya terdapat fasilitas chat yang bisa Anda gunakan untuk berinteraksi langsung dengan penjual.

Lihat Testimoni Produk

Biasanya pada toko online di marketplace ada kolom testimony tempat para pembeli memberikan penilaian pada produk yang mereka beli. Anda bisa membaca penilaian dan testimoni mereka dan menjadikannya bahan pertimbangan jika ingin membeli sebuah produk. Bila Anda tidak menemukan penilaian pada produknya, Anda bisa mencari review lain di Google atau toko lain yang menjual hal yang serupa.

Perkisa Reputasi Toko

Dalam belanja online, memeriksa reputasi sebuah toko online adalah hal yang tidak boleh Anda lupakan. Misalnya di marketplace, biasanya reputasi toko online dapat dilihat dari seberapa sigap respon penjual serta jumlah penjualan yang berhasil. Jika respon Anda ditanggapi dengan cepat dan penjelasannya memuaskan, maka toko tersebut bisa jadi pertimbangan untuk membeli suatu produk.

Jangan Terburu-buru Membeli Hanya Karena Diskon

Hampir tiap hari marketplace selalu mengadakan diskon berbatas waktu ataupun menjual barang yang limite stock dalam arti stok barang yang tidak begitu banyak. Biasanya para calon pembeli panic karena takut kehabisan barang yang diincar, sehingga mengakibatkan para pembeli berebut produk diskon tersebut tanpa membaca secara teliti deskripsi barang yang dijual.

Maka, sebaiknya Anda berhati-hati karena bisa saja produk yang dijual adalah produk yang tidak berkualitas. Usahakan untuk tidak berburu-buru memutuskan membeli barang tersbut hanya karena toko online melakukan diskon besar-besaran.

Spread the word. Share this post!