10 Makanan Atau Minuman yang Mengandung Kafein

Mendengar kata kafein, anda pasti langsung teringat kopi. Minuman yang digemari diseluruh dunia. Tidak salah memang. Karena zat tersebut sangat identik dengan minuman tersebut. Tapi tahukah anda ternyata tidak cuma kopi saja yang mengandung zat tersebut. Benarkah ? Berikut adalah 10 makanan atau minuman yang mengandung kafein,yaitu :

  • Cokelat

Kafein  ternyata bisa ditemukan dalam biji kakao. Biji kakao yang menjadi bahan dasar cokelat,tentu saja membawa unsur tersebut  dalam cokelat yang terbentuk. Sekurang – kurangnya terdapat  10 miligram. Jumlah maksimal kandungannya sekitar 60 miligram.

  • Teh hijau dan hitam

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan teh,baik yang hitam maupun yang hijau. Sekitar 30 sampai 80 miligram kafein terkandung dalam setiap 8 ons teh hitam yang diseduh selama 3 menit. Untuk teh hijau sekitar 24 sampai 45 miligram untuk setiap 8 onsnya.

  • Minuman energy

Minuman yang diminum untuk menambah stamina tersebut juga mengandung kafein. Pada umumnya mengandung 30 dan 200 miligram. Itulah kenapa efeknya membuat anda tidak mudah mengantuk dan mempunyai tingkat fokus atau konsentrasi yang cukup tinggi.

  • Guarana

Biji guarana,tanaman yang berasal dari Amerika  Selatan ini mengandung  3,5 sampai 5,8 % kafein. Tanaman ini mempunyai banyak kegunaan seperti pembakaran lemak, peningkatan kinerja,merangsang aktivitas otak dan pencegahan penyakit.

  • Kacang kola

Kandungannya sekitar  1 sampai 1,5 % dari berat kacangnya. Kacang yang berasal dari Afrika  Barat tersebut rasanya pahit. Biasanya digunakan sebagai pengharum napas dengan cara dikunyah.

  • Minuman ringan

Minuman ringan yang biasa anda konsumsi, pada umunya mengandung  40 miligram dalam setiap 12oz. Untuk sebagian minuman ringan tersebut ada yang dibawah atau di atas 40 miligram

Baca Juga: GREEN COFFEE DAN MANFAATNYA UNTUK KEPERLUAN DIET

  • Yerba Mate

Ini adalah sejenis semak belukar di Argentina, Brasil Selatan, Uruguay dan Paraguay. Suku Guarani dati Parana biasanya mengkonsimnya sebagai teh. Tingkat keasamananya lebih rendah dari kopi.

  • Es Krim

Nah,kalo  yang ini pasti anda sudah sangat mengenalnya. Es krim dengan rasa kopi atau cokelat ternyata mengandung zat penghilang rasa ngantuk tersebut. Tak kurang dari 30 samoai 45 miligram terkandung dalam es krim.

  • Pil penurun berat badan

Sebenarnya kafeinnya sendiri tidak memberikan pengaruh yang signifikan dalam proses menurunkan berat badan. Tapi produsen pil penurun berat memasukan zat tersebut didalamnya.

  • Kuaci

Makanan yang biasa dikonsumsi pada saat waktu senjang,ternyata juga mengandung zat tersebut. Tidak kurang  sekitar 140 miligram terkandung didalamnya. Ini sebanding dengan 4 kaleng minuman bersoda.

Di luar makanan atau minuman di atas,memang masih ada lagi yang lainnya. Tapi setidaknya ini bisa memberikan sedikit informasi sebagai pengetahuan.

Spread the word. Share this post!