5 Oleh-oleh Khas Aceh yang Wajib Anda Bawa Pulang

Kota Aceh yang dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah Indonesia selalu memiliki daya tarik tersendiri yang mempesona. Tak hanya budaya Islamnya saja yang melekat, wilayah paling ujung Pulau Sumatera ini juga memiliki objek wisata yang menakjubkan. Alhasil, berkat kemajuan sektor pariwisatanya, banyak muncul aneka oleh-oleh yang bisa dibawa pulang saat berkunjung ke Aceh.  Berikut ini ada beberapa pilihan oleh-oleh khas Aceh yang bisa jadi referensi Anda.

5 Oleh-oleh Khas Aceh yang Wajib Anda Bawa Pulang

Kue Adee Meureudu

Alasan mengapa kue ini disebut sebagai adee meureudu karena oleh-oleh khas ini sangat terkenal di daerah Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Kue ini terbuat dari ubi atau singkong dan tepung terigu. Menariknya lagi, kue ini memiliki aroma bawang goreng sehingga cita rasanya berpadu antara rasa gurih dan rasa manis. Sangat mudah menemukan kue ini di sentra oleh-oleh, apalagi di Jalan Banda Aceh-Lhoknga, Desa Lampisang dengan harga sekitar Rp 17.000.

Dendeng Aceh

Bagi Anda yang kurang suka makanan bercita rasa manis, Anda bisa membeli Dendengn Aceh untuk di bawa pulang. Oleh-oleh khas ini terbuat dari daging sapi pilihan yang diiris secara tipis-tips lalu dikeringkan, kemudian dimasak dengan limpahan rempah serta bumbu tradisional. Selain itu, rasa dendeng Aceh ini pun juga beragam, ada yang manis, asin dan kari. Anda bisa membeli Dendeng Aceh di salah satu toko yang berlokasi di Jalan Chik Ditiro atau di Pasar Aceh, Peunayong.

Kopi Aceh

Pencinta kopi wajib hukumnya membeli oleh-oleh khas ini saat berkunjung ke Aceh. Saking nikmatnya, kopi Aceh bahkan sudah terkenal hingga luar negeri sehingga tak heran jika banyak wisatawan mancanegara selalu memborong kopi Aceh ini. Karena cukup populer, maka Anda tidak perlu susah menemukan penjual kopi ini. Salah satu tempat yang jadi favorit wisatawan adalah Kopi Ulee yang terletak di Jalan Lamreung No 2, Banda Aceh.

Kue Timphan

Aceh juga memiliki kue tradisional yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh, salah satunya adalah Kue Timpahan. Adonan lembut yang terbuat dari tepung ketan dan ditambang dengan pisang raja atau labu sebagai isiannya, membuat kue cocok dinikmati dengan teh ataupun kopi hangat. Anda bisa menemukan oleh-oleh khas Aceh ini di Warung Kopi Solong Ule Kareng dengan harga Rp2.000 saja per potongnya.

Ija Kroeng

Jika ingin membawa pulang oleh-oleh dalam bentuk barang bukan makanan, Anda bisa memilih Ija Kroeng yang merupakan sarung khas masyarakat Aceh. Karena dikenal sebagai kota Islam tertua di Indonesia, maka tak heran jika sarung ini banyak digunakan untuk beribadah oleh masyarakat setempat. Uniknya, tradisi menggunakan Ija Kroeng sudah ada sejak dahulu di zaman Kerajaan Aceh. Untuk membeli oleh-oleh khas Aceh ini, Anda bisa mendatangi toko sentra oleh-oleh, salah satunya berada di Jalan Residen Danu Broto Nomor 13, Geuceu Kayee Jati, Baiturraman.

Spread the word. Share this post!