Beberapa  Pemain Terbaik Sepak Bola Wanita Sepanjang Masa

Seperti halnya sepak bola kaum laki- laki, sepak bola wanita juga tidak kalah menariknya. Tidak hanya permainannya, kemampuan individu dari masing – masing juga layak disimak. Bila dalam sepak bola laki –laki telah melahirkan banyak pemain terbaik dari tiap periodenya, begitu juga untuk wanita. Meski tidak sebanyak sepak bola pria, tapi kemampuannya ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Selama ini anda menganal Pele, Maradonna,Greg Muller, Franz Beckenbauer, Sir Boby Chalton, Paolo Rossi, Ronaldo, Ronaldinho,Zidanne sampai era Christiano Ronaldo dan Messi. Kaum wanita pun mempunyai legenda – legendanya tersendiri. Anda belum tau? Berikut ini beberapa pemain terbaik sepak bola wanita sepanjang masa.

Marta (Brasil)

Jika anda ingin tau siapa Pele- nya kaum wanita, inilah orangnya. Keduanya sama – sama terlahir dari negara yang sama yaitu Brasil. Tapi bukan karena terlahir di negara yang sama yang membuat Marta ini dijuluki Pele. Pemain yang terlahir dengan nama Marta Vieira da Silva (19 Pebruari 1986) ini memang dianugerahi dengan kemampuan yang mumpuni. Perpaduan antara skills, speed dan intelegency. Kemampuannya diakui dunia dengan menyabet gelar pemain terbaik sepak bola wanita dunia  5 kali berturut – turut pada periode 2006 sampai 2010.

Sekarang Marta telah menjadi warga negara Swedia.

Mia Hamm (Amerika Serikat)

Terlahir dengan nama Mariel Margaret Hamm – Garciaparra (17 Maret 1972), Pemain sepak bola wanita ini adalah legenda Amerika serikat dan salah satu yang terbaik didunia. Tidak kurang dari 158 gol internasional  Mia Hamm ciptakan sampai pensiun.  Memperkuat timnas Amerika Serikat dalam kurun waktu 1987 sampai 2004. Dengan setidaknya 2 penghargaan pemain terbaik dunia yaitu 2001 dan 2002. Bersama dengan Michele Akers, ia membawa Amerika serikat juara piala dunia tahun 1991 dan 1999. Ia  dikenal sebagai pemain berteknik tinggi dan pekerja keras. Meski posisinya sebagai penyerang tapi tidak segan dia membantu pertahanan. Mia Hamm juga dikenal sebagai pemain yang cerdas dengan visi permainan yang baik. Ketidakegoisannya membuat dia terlibat dengan banyak gol rekan setimnya.

Baca Juga : MENGENAL ILIJA SPASOJEVIC, STRIKER NATURALISASI TIMNAS INDONESIA

Birgit Prinz (Jerman)

Memulai karir di timnas Jerman saat berusia 16 tahun, Birgit Prinz tidak disangkal lagi adalah legenda sepakbola wanita Jerman dan salah satu terbaik dunia. Terlahir di Jerman, 25 Oktober 1977, ia berhasil membawa Jerman memenangkan piala dunia pertama kalinya pada tahun 2003. Ia juga memenangkan kejuaraan UEFA European Championship sebanyak 4 kali pada tahun 1997, 2001, 2005 dan 2009. Ia juga mendapat gelar pemain terbaik dunia pada tahun 2003, 2004 dan 2005. Ia termasuk pesepak bola yang komplit yang pernah terlahir di dunia.

 

Spread the word. Share this post!