Bingung Bikin Variasi Menu Masakan? Masak Ikan Kembung Aja!

 

Buat kamu yang setiap hari selalu dihadapkan dengan kegiatan yang namanya memasak, pernah enggak mengalami kesulitan menentukan menu baru untuk dimasak? Kendala ini pasti dihadapi oleh kamu yang setiap hari sibuk dengan urusan dapur atau minimal punya kewajiban untuk memasak masakan untuk keluarga. Masalah lainnya, kalau kamu mau buat variasi menu, bahan yang dibutuhkan sulit kamu dapatkan. Makanya, yang kamu perlukan sebetulnya cuma bahan makanan yang biasa ada di pasar, namun dengan cara penyajian yang berbeda. Tapi, kalau penyajiannya sulit, pasti merepotkan juga. Nah, daripada pusing, baiknya masak ikan kembung aja! Ikan kembung bisa dimasak dengan banyak cara. Selain itu, resepnya pun mudah, seperti resep pepes ikan kembung.

Masak ikan kembung dengan berbagai pilihan resep juga cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat untuk sajian menu andalan sehari-hari. Meski bahannya sama-sama ikan kembung, kalau cara memasak dan resepnya bervarasi, tentu keluarga tidak akan cepat bosan. Selain itu, sebenarnya ada dua jenis ikan kembung yang bisa ditemukan di pasar, yaitu ikan kembung como dan ikan kembung banjar.

Ikan kembung como ukuranya cukup besar dan agak melebar. Kalau diperhatikan, ikan kembung como memilikigaris kuning dari kepala sampai ekornya. Selain itu, di bagian ekornya juga ada bagian sisik yang mengeras. Daging ikan kembung como cenderung lembut dan nikmati disajikan bahkan hanya dengan digoreng biasa. Sementara itu, ikan kembung banjar memiliki ukuran yang lebih kecil dan bentuknya memanjang. Di bagian atas dekat ekornya justru terlihat warna biru yang agak kehijauan. Dagingnya juga lembut, namun cenderung lebih padat.

 

Ikan kembung sehat dan murah

Kenapa memilih masak ikan kembung sebagai pilihan untuk mendapatkan variasi menu sehari-hari? Selain karena ujaran Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti, yang mengajak masyarakat Indonesia untuk makan ikan, sebenarnya ikan, khususnya ikan kembung, punya banyak kelebihan. Ikan kembung mengandung protein tinggi. Sebagaimana makanan laut lainnya, ikan kembung juga mengandung omega 3 yang baik untuk tubuh. Bayangkan saja, dalam 100 gram ikan kembung saja ada kandungan kalori sebanyak 125 Kkal, 21,3 gram protein, 3,4 gram lemak, 136 mg kalsium, dan 0,8 mg zat besi. Semua itu membuat ikan kembung menawarkan kadar gizi yang cukup untuk tubuh.

Protein dalam ikan kembung sangat baik untuk pembentukan jaringan-jaringan tubuh. Lemak ikan kembung yang lebih rendang dibandingkan daging juga menjadikannya lemak sehat. Jadi, masak ikan kembung juga bisa jadi pilihan tepat buat kamu yang sedang diet.

Selain sehat, ikan kembung juga mudah ditemukan di pasar dan dijual dengan harga murah. Di pasar tradisional, kamu bisa mendapatkan ikan kembung dengan harga yang sangat terjangkau sehingga kamu bisa lebih menghemat pengeluaran. Untuk 1 kg ikan kembung saja yang bisa berisi 6—8 ekor ikan kembung, kamu hanya perlu mengeluarkan Rp50.000 dari dompetmu. Itu bisa untuk memberi makan satu keluarga dalam sehari, kenyang dengan nasi dan sambal.

 

Variasi masak ikan kembung

Ikan kembung pun dapat diolah dengan berbagai cara memasak. Kamu bisa menggorengnya seperti biasa dan mendapatkan ikan kembung yang gurih dicampur sambal. Yang cukup populer, ikan kembung biasa dimasak dalam bentuk pepes ikan kembung. Kalau mau yang lebih berbumbu, ada ikan kembung pesmol. Variasinya, kamu bisa membuat ikan kembung goreng bumbu kuning. Dan sebetulnya masih banyak lagi variasi masak ikan kembung yang bisa kamu coba di rumah denan resep yang mudah.

 

Untuk mendapatkan variasi menu terbaik, masak ikan kembung adalah pilihan yang cerdas.  Selain sehat dan murah, ikan kembung bisa diolah menjadi berbagai macam menu dan pastinya nikmat disantap sekeluarga. Nah, kalau ingin lihat variasi masakan ikan kembung lainnya, langsung saja kamu lihat di https://review.bukalapak.com/food/tidak-ada-yang-bisa-menolak-resep-pepes-ikan-lezat-ini-27250.

Sumber gambar: iCook Asia

Spread the word. Share this post!