Cara Membuat Kepang Rambut Sederhana nan Cantik

Salah satu tatanan rambut yang paling mudah dan tak lekang dimakan masa adalah kepang. Dengan mengepang rambut, penampilan kamu bisa terlihat lebih manis dan menarik. Cara mengepang rambut pun bermacam-macam dengan model yang juga beragam. Untuk menunjang penampilan sehari-hari, kamu bisa mencoba cara membuat kepang rambut ini. Dijamin, hasilnya pasti tak hanya membuat kamu tampil rapi, tapi juga menarik.

 

Rapikan rambut dengan sisir bergigi jarang

Sebelum mulai mengepang, agar rambut kamu tidak mudah kusut nantinya, sisir rambut kamu dengan sisir yang bergigi jarang. Hal ini dilakukan untuk membuka jalur rambut kamu sehingga proses mengepang pun nantinya jadi lebih mudah.

Selanjutnya, tergantung model kepang yang ingin kamu aplikasikan di rambut kamu, kamu bisa belah rambut kamu di tengah atau pinggir sesuai selera. Tapi, jika kamu ingin menguncir habis rambut kamu untuk membuat kepang ponytail, juga tidak masalah. Yang paling penting, pastikan kamu sudah menyisir rapi rambut kamu sebelum mulai mengepang agar hasil kepang rambutmu akan terlihat rapi.

 

Cara membuat kepang rambut

Pada dasarnya, kepang adalah jalinan atau anyaman silang miring yang polanya diulang berkali-kali sampai habis. Mudahnya, untuk mengepang, kamu perlu mengambil tiga bagian rambut kamu dan pisahkan ketiga bagian tersebut untuk selanjutnya kamu jalin satu sama lain sampai membentuk kepang.

cara membuat kepang rambut

 

Pilih model kepang yang sesuai

Untuk kamu yang memiliki rambut panjang melewati punggung, tentu tak ada masalah untuk mencoba model kepang apa pun. Kepang ponytail adalah yang paling mudah. Cara membuat kepang rambut ini tidak sulit. Kamu hanya perlu menguncir rambutmu ke belakang—di sini kamu bisa memilih dikuncir tinggi atau cukup diikat di bagian bawahnya saja—lalu mulailah mengepang di bagian rambut yang masih terurai, kemudian ikat ujungnya. Kamu juga bisa menambahkan hiasan rambut di kepangan kamu agar penampilan kamu lebih on point.

Saat kamu mendadak harus tampil di acara resmi padahal kamu tidak ada persiapan sama sekali, cara membuat kepang rambut berikut ini bisa jadi pilihan kamu. Pernah dengar yang namanya kepang updo dan hal updo. Kalau kamu pernah melihat patung dewi-dewi Yunani dengan rambut disanggul dan kepang, itu adalah gaya updo. Cara membuat kepang rambut updo ini juga tidak sulit. Pisahkan sedikit bagian kanan dan kiri rambut kamu dan kepang dua bagian tersebut sampai kedua bagian itu bertemu, lalu gabungkan dan kepang gabungan sampai membentuk gulungan sanggul dan jepit ujungnya. Hasilnya, kamu akan siap untuk acara apa pun!

cara membuat kepang rambut updo

 

Tapi, kalau panjang rambut kamu hanya sebahu atau bahkan lebih pendek lagi, kamu bisa mengakali dengan bentuk kepang yang lebih sederhana lagi. Cara membuat kepang rambut untuk rambut pendekmu bisa dilakukan dengan mengambil sebagian kecil rambut bagian depan kamu dan bagi tiga untuk membuat kepang kecil di bagian depan dan biarkan menjuntai. Ini bisa memberikan aksen yang manis untuk penampilan sehari-harimu.

 

Tips mengepang rambut

Jika kamu ingin hasil rambut kepang yang lebih rapi, kamu perlu menekan dan menarik kehal rambut kamu perlahan. Jangan menariknya terlalu keras akan bisa menyebabkan kamu sakit kepala. Lalu, juika kamu kesulitan memisahkan bagian rambut yang ingin dikepang, kamu bisa mengikat dulu pangkalnya dengan karet rambut. Jika kepangan kamu sudah mendekati akhir, kamu bisa melepas ikatan tersebut sehingga hasil rambut kepang kamu jadi lebih rapi dan natural.

Setelah mengepang, agar rambut kamu lebih rapi, kamu bisa semprotkan hairspray atau air yang mengandung vitamin rambut untuk menjaga rambut kamu agar tidak kusut. Saat ingin melepaskan rambut kepang kamu, lakukan dari bawah atau dari ujung rambut agar rambut kamu tidak kusut dan kasar. Membuka rambut kepang dari pangkal atau atas akan membuat rambut kamu jadi kasar dan kusut.

 

Jelajahi lebih banyak di sini untuk tahu lebih banyak gaya rambut kepang cantik lainnya.

 

Sumber gambar: https://cdn.pixabay.com/photo/2016/11/23/17/30/blur-1853957_960_720.jpg

https://i.ytimg.com/vi/e7C_tkCH1L8/maxresdefault.jpg

https://cdn.pixabay.com/photo/2017/08/07/08/14/people-2601319_960_720.jpg

Spread the word. Share this post!