Hilangkan Penyebab Bau Sepatu dengan Cara-Cara Berikut Ini!

Di mata seorang pria, sepatu sebagai alas kaki merupakan sebuah kebutuhan sekaligus penunjang penampilan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Daya tarik ini bukan tanpa sebab yang bohong. Menurut penelitian, sepasang sepatu yang bersih adalah hal, selain kebersihan fisik dan gagahnya tubuh, yang dinilai para wanita sebagai hal menarik yang harus ada pada diri seorang pria. Penelitian yang dilakukan adalah sebuah survei yang dilakukan oleh Allen Edmond dengan mengungkap ciri-ciri pria yang dianggap mempesona oleh seorang wanita. Dalam hal seputar sepatu ini, salah satu hal yang menjadi momok adalah bau sepatu. Hal ini dikarenakan sepatu yang berfungsi sebagai alas kaki akan kerap terpapar kotoran, maka dalam hal ini seorang pria wajib untuk mengetahui cara menghilangkan bau pada sepatu dan cara perawatan sepatu yang benar.

Apabila kamu kebingungan dalam mencari cara menghilangkan penyebab bau sepatu tersebut, berikut adalah beberapa tips mudah untuk membantumu!

  1. Menggunakan baking soda

Cara menghilangkan bau di sepatu yang pertama adalah dengan menggunakan baking soda. Ya, bahan makanan yang biasanya digunakan sebagai pengembang kue ini adalah salah satu zat yang dapat dijadikan penghilang bau sepatu. Hal ini dikarenakan baking soda memiliki kandungan sodium bicarbonate yang akan bereaksi terhadap segala bentuk asam, termasuk yang berasal dari keringat bercampur debu dan kotoran kaki.

Adapun cara menggunakan bahan ini adalah pertama-tama tuangkan sedikit bubuk baking soda ke dalam rongga sepatu. Biarkan baking soda tersebut selama kurang lebih semalaman. Keesokan harinya, kamu akan mendapati sepatumu telah bersih dan bebas dari bau. Sebelum memakai sepatu tersebut, jangan lupa bersihkan baking soda yang ada dalam sepatu terlebih dahulu dengan cara seperti mengeluarkan pasir dari bagian dalam sepatu. Selain itu, lakukan rotasi atau penggunaan sepatu secara selang-seling agar sepatu tak cepat menjadi bau dan cepat rusak.

  1. Menggunakan minyak atsiri

Cara menghilangkan bau di sepatu yang kedua adalah dengan menggunakan minyak atsiri. Minyak atsiri merupakan jenis minyak esensial yang dijual bebas di pasaran. Minyak atsiri dapat dijadikan sebagai penghilang penyebab bau sepatu karena harum aroma terapi yang dihasilkan minyak essensial ini saat penggunaan akan mampu menghilangkan bau yang tercium dari dalam sepatu.

Adapun cara penggunaan minyak atsiri ini adalah dengan meneteskan beberapa mili minyak atsiri atau sekitar 3 tetesan lalu penuhi rongga sepatu dengan menggunakan kertas. Setelahnya, diamkan sepatu tersebut selama semalaman dan keesokan harinya kamu akan mendapati sepatu yang wangi dan siap dipakai untuk beraktivitas.

  1. Menggunakan cuka

Cara ketiga yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan bau sepatu adalah dengan menggunakan cuka dapur. Cuka dapur dapat digunakan untuk menghilangkan bau karena reaksi asam yang ditimbulkannya akan sangat efektif untuk menghilangkan bau yang ada di dalam rongga sepatu.

Adapun cara penggunaan bahan ini adalah pertama-tama tuang beberapa tetes cuka ke dalam rongga sepatumu. Setelah itu diamkan selama kurang lebih lima belas menit lalu buang sisa cuka tersebut. Tak lupa, langsung bilas sepatumu dengan air biasa atau kamu dapat langsung mencucinya. Setelah dikeringkan, dijamin sepatu akan bersih dan bebas bau.

Demikianlah beberapa cara untuk menghilangkan bau yang ada pada sepatu. Selain menggunakan cara di atas, upayakan untuk sesering mungkin melakukan rotasi sepatu agar sepatu awet ya!

Spread the word. Share this post!