Info Terkini Tujuan Wisata di Pulau Madura

Madura merupakan pulau yang terletak di Jawa Timur, tepatnya di sebelah timur daya Pulau Jawa. Pulau Madura yang kini sudah terhubung dengan Pulau Jawa dengan dibangunnya Jembatan Suramadu membuat pariwisata di Pulau Madura semakin menggeliat. Pulau Madura seakan mulai berbenah sejak dioperasikannya Jembatan Suramadu. Semakin banyaknya hotel-hotel yang dibangun di Pulau Madura menunjukkan bahwa pulau yang berjuluk Pulau Garam ini semakin banyak didatangi oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Pulau yang terdiri dari empat kabupaten, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep ini memiliki beberapa tempat tujuan wisata yang cukup populer dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Berikut ini akan diulas mengenai info terkini tentang tempat-tempat tujuan wisata di kawasan Pulau Madura yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pulau Gili Iyang

Pulau Gili Iyang merupakan sebuah pulau yang terletak di wilayah Kabupaten Sumenep. Pulau ini mulai populer setelah salah satu majalah wisata terkemuka di dunia membuat ulasan bahwa pulau ini merupakan salah satu pulau dengan kualitas udara paling bersih dan paling segar di dunia. Sejak dirilisnya penelitian tersebut, semakin banyak wisatawan mancanegara yang tertarik untuk berkunjung ke Gili Iyang. Dan uniknya, wisatawan lokal justru baru mengetahui tentang pesona dan kualitas udara Pulau Gili Iyang tiga tahun belakangan. Sebelum itu, wisatawan yang datang umumnya wisatawan asing. Dengan mengunjungi Pulau Gili Iyang, para peneliti mengemukakan bahwa orang yang menghirup udara Pulau Gili Iyang dipercaya memiliki harapan hidup lebih tinggi. Menurut info terkini, Pulau Gili Iyang dinobatkan sebagai pulau dengan kadar oksigen tertinggi di dunia.

Baca Juga:INFO TERKINI LOMBA MENULIS BLOG

Pantai Lombang dengan Cemara Udangnya

Pantai Lombang merupakan pantai yang terletak di ujung timur daya Pulau Madura. Nama Pantai Lombang sudah mengemuka puluhan tahun lalu sejak dirilisnya hasil penelitian bahwa di sepanjang pantai tersebut terdapat salah satu jenis tanaman cemara udang yang merupakan tumbuhan endemik setempat. Konon, jenis cemara udang yang tersebar di dunia tidak lebih dari lima jenis, dan salah satunya adalah cemara udang di Pantai Lombang ini. Pantai Lombang berjarak sekitar 20-an KM dari pusat Kota Sumenep, atau sekitar 140-an KM dari Kota Surabaya.

Wisata Keraton Sumenep

Jika Anda tertarik untuk melakukan wisata budaya dan tradisi di Pulau Madura, Madura memiliki keraton yang bangunannya masih bertahan dan terawat hingga saat ini, yaitu Keraton Sumenep. Keraton Sumenep terletak di Pusat Kota Sumenep, berdiri tidak jauh dari Masjid Jami’ Sumenep yang merupakan salah satu masjid tertua di Indonesia.

Itulah beberapa info terkini tentang tempat-tempat yang dapat dijadikan tujuan wisata jika Anda berkunjung ke Pulau Madura. Bagi Anda yang belum pernah ke Madura, jangan khawatir, sebab orang Madura ramah-ramah dan sangat menghormati tamu dan pendatang.

Spread the word. Share this post!