Ingin Memanjangkan Bulu Mata? Ini Dia Cara yang Tepat

Bulu mata atau rambut mata ialah salah satu bagian dari wajah yang tak luput dari perawatan. Rambut mata yang panjang dan lentik dapat menambah daya tarik tersendiri bagi siapa pun yang melihatnya. Selain untuk menambah kecantikan, rambut mata sendiri memiliki fungsi untuk melindungi mata dan sebagai sensor bagi mata saat ada benda asing yang akan masuk ke mata. Untuk alasan kecantikan sendiri, banyak orang yang mencari cara bagaimana memiliki rambut mata yang panjang dan indah.

Ingin Memanjangkan Bulu Mata? Ini Dia Cara yang Tepat

Berbagai macam cara mungkin pernah Anda coba dalam upaya memanjangkan rambut mata demi mendapatkan penampilan yang mempesona. Namun apakah Anda sudah mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang Anda harapkan? Jika belum, cara berikut mungkin perlu Anda coba sebagai bagian dari usaha untuk mendapatkan bulu mata yang memiliki daya tarik.

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan antara lain:

Menggunakan obat dokter

Ada jenis obat yang bisa merangsang pertumbuhan bulu mata, sebenarnya obat ini biasa di gunakan untuk mengobati glaukoma. Namun karena efek yang di timbulkan maka biasanya dokter akan merekomendasikan obat ini tentunya setelah di lakukan konsultasi terlebih dahulu mengenai penyakit mata yang pernah di derita. Selain itu ada juga jenis obat yang dapat di pakai untuk memanjangkan rambut mata yaitu obat yang memiliki kandungan prostaglandin yang biasa di gunakan untuk mengobati tekanan pada bola mata. Meskipun banyak orang yang menilai obat ini minim risiko namun ada juga yang menilai sebaliknya. Oleh karena itu agar lebih aman di sarankan untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu.

Minyak jarak atau castor

Minyak jarak mempunyai kandungan ricinoleic yang bagus bagi rambut. Namun demikian hingga saat ini belum ada yang meneliti dan mengumumkan secara resmi bahwa minyak jarak efektif dan aman di gunakan untuk memanjangkan bulu mata. Oleh sebab itu tak ada salahnya jika mengkonsultasikan kepada dokter Anda terlebih dahulu.

Perawatan mandiri di rumah

Ada beberapa cara yang biasa di lakukan orang untuk memanjangkan bulu mata secara mandiri di rumah seperti memakai petroleoum jelly, lidah buaya, teh hijau dan pijitan pada kelopak mata. Cara tersebut di yakini dapat memanjangkan bulu mata.

Tips merawat rambut mata

Seperti bagian tubuh lainnya rambut mata juga perlu di rawat agar tetap terlihat mempesona. Berikut caranya:

  • Membersihkan maskara sebelum tidur karena dapat membuat rambut ┬ámata menjadi kaku dan patah
  • Ganti maskara setiap 3 hingga 6 bulan sekali agar tidak menjadi sumber penyakit
  • Jangan mencabut atau menggosok rambut mata karena dapat menyebabkan bulu mata mudah patah dan rontok
  • Saat menggunakan penjepit bulu mata, jangan menarik kelopak mata Anda
  • Jika terjadi iritasi hentikan penggunaan kosmetik dan segera konsultasikan ke dokter.

Spread the word. Share this post!