Ini Loh Penyebab Jerawat Batu di Pipi

Semakin hari jerawat semakin membuat pemiliknya merasa ketakutan. Apalagi dengan orang yang selalu menomorsatukan penampilan wajah. Sebetulnya, munculnya jerawat sendiri merupakan hal yang wajar terjadi. Munculnya jerawat dimulai sejak masa pubertas dan biasanya akan hilang di usia sekitar 40 tahun. Selain di pipi, jerawat juga bisa saja muncul di bagian yang lainnya, seperti di dahi, di dagu, bahkan di punggung. Apalagi untuk kamu yang memang memiliki jenis kulit berminyak, tentunya akan jadi salah satu faktor yang akan memunculkan jerawat. Salah satu pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bahan bahan alami seperti madu. Cara menghilangkan jerawat dengan madu pun cukup mudah dilakukan, yang artinya juga dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain. Di samping itu masih banyak cara yang lain yang bisa dilakukan.

Penyebab jerawat itu sendiri terdiri dari beberapa faktor. Dengan jenis yang berbeda pula. Ada yang disebut dengan jerawat pasir (bruntusan) atau jerawat batu. Penyebab jerawat batu umumnya hampir sama dengan jerawat pasir, hanya saja ukuran dan juga penyembuhannya akan berbeda. Untuk itu kita bisa simak penjelasan mengenai faktor penyebabnya terlebih dahulu, khususnya untukĀ  jerawat yang ada di pipi.

  1. Karena Hormon

Memang sebagian orang akan mengalaminya. Munculnya jerawat karena hormon mulai terjadi saat seseorang memasuki masa pubertas. Selain itu, khususnya bagi wanita, ketika menjelang masa menstruasi biasanya akan ditandai dengan munculnya jerawat. Oleh karena itu, penyebab jerawat batu karena faktor hormon biasanya juga akan sulit diatasi, namun tak menutup kemungkinan jerawat akan hilang dengan sendirinya tergantung dari kondisi tubuh seseorang.

  1. Karena Stres

Guys, saat jerawat batu mulai muncul di dahi kamu, mungkin kamu bisa cek apakah kamu memang sedang mengalami stres karena sesuatu. Bila seseorang sedang mengalami stres, biasanya jerawat akan muncul dengan mudah. Usahakan untuk mengelola tingkat stresmu ya. Bisa dengan melakukan kegiatan positif untuk menyegarkan tubuh dan pikiran, hingga melakukan yoga atau meditasi. Intinya mana yang bisa membuat kamu rileks saja.

  1. Penyumbatan Pori Pori

Pipi sendiri terletak pada dekat area T-Zone. T-Zone sendiri memang dikenal memiliki produksi minyak berlebih. Maka tak heran bila tiba tiba ada saja satu dua jerawat yang muncul di pipi karena adanya pori pori yang tersumbat debu atau kotoran.

  1. Penggunaan Obat Obatan Tertentu

Apalagi obat obatan yang mengandung hormon seperti pil KB dan sejenisnya. Inilah yang juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. Tak hanya di pipi saja, namun jerawat bisa muncul di bagian lainnya. Bila mengalami hal tersebut, kembali berkonsultasilah kepada dokter yang meresepkan obat tersebut. Mungkin akan diberikan solusi untuk mengganti jenis obat yang lainnya ataupun ditambahkan obat lainnya.

  1. Rambut yang Kotor

Benarkah dengan adanya rambut yang kotor dapat menjadi pemicu akan munculnya jerawat di pipi? Hal ini bisa saja terjadi, apalagi ketika kamu memiliki rambut yang memang panjang dan biasanya menutupi dahi hingga pipi sehingga dapat memperburuk kondisi jerawat kamu.

  1. Karena Makanan

Karena makanan yang kita makan juga akan pengaruh kepada munculnya jerawat di dahi. Mulailah dengan menghindari gorengan atau makanan cepat saji. Usahakan untuk meminum lebih banyak air putih dan mengonsumsi sayur sayuran dan juga buah buahan. Jangan lupa untuk melakukan diet makanan seimbang.

  1. Penggunaan Kosmetik yang Berlebihan

Jerawat batu di pipi juga bisa muncul karena penggunaan kosmetik secara berlebihan dan ternyata tidak cocok. Selalu cek kondisi wajahmu ketika menggunakan make up ya.

Itulah tadi beberapa penyebab dari jerawat yang ada. Jangan lupa untuk baca cara menghilangkan jerawat di artikel berikutnya. Keep healthy guys!

Spread the word. Share this post!