Jenis-jenis Alat Fitnes

Alat Fitness Olahraga tidak hanya dilakukan di luar ruangan, namun juga bisa dilakukan di dalam ruangan, yang biasanya yang digunakan adalah alat fitness. Alat fitness sebagai salah satu alternatif alat olahraga jika tidak ingin melakukan olahraga di luar ruangan. Namun, tetap saja olahraga menggunakan alat tersebut mengeluarkan keringat, bahkan lebih banyak dibandingkan dengan olahraga di luar ruangan ( seperti lari ).

Jenis-jenis Alat Fitnes

Kebanyakan orang melakukan olahraga menggunakan alat fitness untuk membentuk tubuh seperti otot ( terlebih lagi untuk kaum pria ) dan untuk mengurangi lemak pada tubuh ( untuk kaum wanita ) agar terlihat lebih kurus.

Ada beberapa macam alat fitness yang digunakan untuk olahraga, bergantung pada macam serta kegunanan alat tersebut:

  1. Alat fitness freeweight, yaitu alat yang memiliki beban atau berat yang dapat digerakkan secara bebas dan tidak tergantung dengan alat yang lainnya. Biasanya bisa dibuat sendiri di rumah tanpa perlu membelinya, seperti dumbbell, dan alat yang lainnya biasanya yang berupa beban yang memiliki bar ( pegangan panjang dibagian tengahnya) seperti barbell, weight plates, kettlebells, weitghted bar, curl bar, tricep bar, alat yang digunakan untuk rehabilitasi pemulihan otot pasca-cedera, yaitu medicine ball, dan alat berat yang digunakan untuk dipasangkan ke bagian tubuh untuk menambah beban saat melakukan latihan seperti adjustable body weight.
  2. Body weight training station, yaitu alat-alat pendukung untuk melakukan olahraga seperti push up, pull up dan sebagainya. Untuk melakukan push up, pull up dalam satu alat bisanya menggunakan fitness bench, matras, untuk melakukan push up menggunakan push up grip. Untuk melakukan pull up menggunakan alat pull up bar. Untuk back up menggunakan hyper extension bench. Untuk sit up menggunakan sit up bench dan untuk melakukan latihan dip, menggunakan dip bar.
  3. Alat fitness mesin, yaitu alat yang menggunakan mesin dan biasanya berukuran besar dan cara kerjanya lebih kompleks, seperti abs crunch machine, static bicycle, leg press machine, treadmill, chest press machine, squat hack machine, barbell machine, elliptical machine, shoulder press machine, bicep curl machine, tricep machine. Yang paling sering digunakan terlebih lagi di dalam rumah adalah treadmill dan static bicycle karena tergolong mudah.

Ada pula alat pendukung pada alat fitness, yaitu sarung tangan fitness, sabuk fitness, sepatu fitness, headband / wristband dan knee protector. Untuk melindungi saat melakukan fitness dengan menggunakan alat tersebut. Biasanya orang yang akan melakukan fitenss menyediakan sendiri pada saat latihannya berada di gym, atau di gym telah menyediakan alat tersebut tanpa perlu mencari di luar.

Simak juga tips dan trik nya untuk menjadikan tubuh tetap sehat. Baca selengkapnya di www.gayahidupterkini.com

Alat-alat tersebut sabagai alternatif untuk melakukan olahraga jika tidak sempat melakukannya di pagi hari dan biasanya untuk mempercepat pembentukan tubuh seperti pembentukan otot, mengurangi lemak pada tubuh karena tingkat keluarnya keringat lebih banyak dan dilakukan pada waktu yang relatif singkat, namun tetap harus rutin jika ingin lebih cepat terbentuknya.

Spread the word. Share this post!