Kamu Harus Tahu 6 Penyebab Mata Panda Ini

Buat cewek, mata panda bisa jadi masalah besar. Yap, lingkaran hitam di sekitar mata memang bisa kelihatan manis di panda, tapi kalau ada di mata kita, rasanya ingin ditutup pakai make-up, ya. Tapi, mata panda ini muncul bukan tanpa sebab, loh. Penyebab mata panda bisa bermacam-macam. Kalau kamu punya masalah serupa, baca di sini supaya bisa kamu atas segera.

 

  1. Kurang Tidur

Kurang tidur bukan cuma bisa menyebabkan masalah kesehatan tubuh, loh. Kesehatan kulit pun bisa dipengaruhi sama aktivitas tidurmu. Dan kurang tidur juga merupakan penyebab mata panda yang paling umum. Ditambah lagi, tak peduli berapa pun usiamu, jika kamu kurang tidur, siap-siap saja mendapatkan mata panda ini dalam waktu dekat.

Kabar baiknya, masalah kurang tidur ini bisa diatasi dengan tidur yang cukup. Pastikan kamu tidak memegang ponsel sebelum tidur. Ingat, media sosial bisa begitu candu sehingga membuat kamu terus menatap layar ponsel sampai larut malam. Pastikan juga kamu tidak mengonsumsi kafein yang bisa membuatmu terjaga.

 

  1. Paparan sinar matahari

Terlalu sering dan lama terpapar sinar matahari juga bisa menjadi penyebab mata panda. Ya, kerutan halus yang diakibatkan karena paparan sinar matahari ternyata bisa menimbulkan efek gelap di sekitar mata. Jika terus dibiarkan, efeknya bisa jadi seperti mata panda. Karena itu, jangan lupa untuk selalu pakai tabir surya jika akan melakukan aktivitas di luar, ya.

 

  1. Kurang nutrisi

Kekurangan nutrisi, terutama vitamin K, juga bisa jadi penyebab mata panda. Karena itu, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin K yang bisa kamu dapatkan dari sayuran hijau, seperti brokoli, bayam, dan selada hijau. Selain itu, buah-buahan seperti alpukat, plum, beri hitam atau biru, dan stroberi juga bisa kamu konsumsi untuk mengurangi mata panda.

Selain itu, pastikan juga kamu menjalani gaya hidup sehat dengan menghindari alkohol, merokok, dan mengurangi kafein. Jangan lupa juga untuk menghidrasi kulit kamu dengan mengonsumsi air yang cukup, minimal 8 gelas per hari.

 

  1. Faktor medis

Beberapa penyakit bisa menjadi penyebab mata panda secara tidak langsung. Hal ini karena kondisi tertentu bisa menyebabkan mata menjadi bengkak, lalu area yang membengkak itu pun menghitam. Hasilnya, muncullah mata panda. Beberapa penyakit yang bisa menimbulkan efek tidak langsung ini adalah gangguan ginjal dan rendahnya kelenjar tiroid. Jadi, kalau kamu memiliki mata panda, ada baiknya kamu juga segera periksakan diri ke dokter karena bisa jadi itu adalah gejala penyakit tertentu.

 

  1. Alergi

Alergi tak hanya bisa membuat kulit gatal, tetapi juga menambah lingkaran hitam di bawah mata kamu. Dermatologis asal New York, Dr. Bruce Katz, menjelaskan bahwa alergi sering kali memicu histamin dalam tubuh yang dapat menyebabkan pembuluh darah membesar. Karena kulit di bawah mata adalah yang paling tipis, pembuluh darah yang membengkak ini bisa terlihat lebih gelap.

Alergi ini bisa dipicu oleh banyak hal, termasuk make-up yang dipakai sehari-hari. Beberapa produk seperti maskara, eyeshadow, bahkan concealer yang justru berfungsi untuk menutupi mata panda justru bisa memicu alergi di area sekitar mata. Akibatnya, menggaruk dan menggosok area sekitar mata menjadi tak tertahankan. Tindakan menggosok dan menggaruk ini dapat membuat kulit menghitam karena pada dasarnya kulit di bawah mata lebih adalah yang paling tipis. Jadi, kalau kamu mulai merasa area sekitar mata kamu agak kasar setelah menggunakan produk make-up tertentu, segera ganti produk make-up kamu, ya, supaya tak sampai menimbulkan mata panda.

 

 

  1. Keturunan

Penyebab mata panda lainnya adalah faktor keturunan. Kalau ada anggota keluarga kamu yang memiliki mata panda, peluang kamu mengalami mata panda juga semakin besar. Biasanya, orang-orang dari Afrika, Amerika Latin, dan India adalah yang paling banyak memiliki keturunan mata panda. Kabar baiknya, jika mata panda ini karena pigmentasi, kamu masih bisa menutupinya dengan make-up (concealer).

 

 

Penyebab mata panda memang bisa bermacam-macam. Nah, kalau kamu mau tahu cara menghilangkan mata panda dengan cepat, kamu bisa baca di sini.

 

Sumber gambar: https://pixabay.com/en/model-beauty-woman-headscarf-2288068/

Spread the word. Share this post!