Mencegah Paham Hedonisme yang Negatif

Anggapan bahwa manusia hidup di bumi ini adalah sepenuhnya untuk mencari kesenangan dan kenikmatan materi saat ini banyak digunakan oleh masyarakat modern di kota besar. Paham pemikiran ini telah ada sejak jaman dahulu yang dikenal dengan nama paham HedonismeHedon yang berarti kesenangan mengajak penganutnya untuk mencari kesenangan selagi masih hidup di dunia tanpa mengenal adanya konsekuensi yang bakal diminta setelah ia meninggal. Paham inilah yang membahayakan apabila tidak diketahui secara jelas bagaimana cara-cara menanggulanginya.

Paham untuk mengejar hedon atau kesenangan telah ada sejak jaman Yunani kuno. Namun filsuf di saat itu tidak hanya mengajarkan tentang kesenangan materi namun juga rohani dan spiritual. Kesenangan dalam menolong orang, kesenangan dalam berhubungan dengan Tuhan juga diajarkan sebagai bagian dari paham tersebut. Namun di jaman modern sekarang ini, kesenangan hanya diukur dari banyaknya materi dan kesenangan fisik tanpa melibatkan kesenangan dan kepuasan rohani atau spiritual. Kenyamanan akan mencari kesenangan dijadikan alasan seseorang mengikuti paham ini dan melupakan kepentingan orang lain bahkan kepentingan beragama.

Agar paham hedonisme ini tidak mengakibatkan hal-hal yang negatif di keluarga atau teman dan kerabat Anda, maka ada beberapa point yang bisa diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari. Point-point tersebut antara lain:

  • Menerapkan hidup sederhana.

Kebahagiaan adalah hidup yang berkecukupan dengan keluarga yang sehat dan lengkap, pemahaman tersebut bisa mencegah masyarakat untuk menginginkan hal yang terlalu tinggi.

  • Mendekatkan diri pada Tuhan.

Agama dan kepercayaan adalah tiang utama untuk mencegah efek negatif dari paham ini. jika orang beragama maka akan percaya adanya pertanggungjawaban yang diminta oleh Tuhan atas perbuatan kita.

Kedua hal tersebut di atas bisa dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mencegah masuknya pengaruh paham tersebut. Namun berhati-hatilah juga pada lingkungan Anda atau lingkungan anak Anda bergaul. Pengaruh lingkungan apalagi teman dekat bisa sangat kuat terhadap karakter seseorang. Pilihlah teman yang memiliki pengaruh positif dan segeralah menjauhkan diri apabila Anda bertemu dengan orang yang mengikuti paham tersebut sebelum Anda terjerumus di dalamnya dan mengakibatkan efek negatif terhadap hubungan sosial Anda.

Paham Hedonisme jika dilakukan tanpa ada rasa tanggung jawab akan sangat bertentangan dengan kepentingan masyarakat dan kepercayaan agama sehingga perlu diperhatikan dan dicegah tumbuh kembangnya ke arah yang negatif. Selalu memberikan batasan-batasan moral dan spiritual pada setiap aktifitas atau kegiatan kita dan anggota keluarga bisa menjadi cara yang bijak dalam mencegah pengaruh paham tersebut. Banyak juga sifat negatif lain yang sangat menempel pada aktifitas dalam memburu kesenangan seperti pemborosan, kriminilitas, hingga pergaulan bebas yang bisa berujung pada pelanggaran hak orang lain dan gangguan kesehatan yang serius.

 

Spread the word. Share this post!