Meningkatkan Konsentrasi Belajar dengan Cara Mendengarkan Musik

Setiap orang memiliki cara belajar masing-masing yang paling membuat mereka merasa nyaman sehingga mampu meningkatkan konsentrasi belajarnya. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik. Hal ini terbukti karena banyaknya orang yang mengaku mengalami peningkatan konsentrasi belajar hanya dengan mendengarkan musik saja. Berikut beberapa ulasannya untuk Anda.

Meningkatkan Konsentrasi Belajar dengan Cara Mendengarkan Musik

Belajar Adalah Aktivitas Pemicu Stress

Hal ini benar adanya karena ketika Anda belajar tubuh akan memproduksi beberapa hormone stress seperti adrenalin, kortisol, norepinefrin dan lain sebagainya, sehinga akan menimbulkan stress dalam tubuh dan menimbulkan rasa deg-degan, otot yang semakin menegang, menaikkan tekanan darah dan lain sebagainya. Jika hal tersebut dibiarkan akan membuat belajar Anda tidak efektif dan mampu menurunkan konsentrasi Anda. Itulah mengapa menerapkan cara belajar sembari mendengarkan musik bisa menjadi salah obat pereda stress saat belajar, sehingga Anda bisa menjadi lebih rileks dan santai saat belajar, dan konsentrasi bisa semakin meningkat.

Mampu Meningkatkan Daya Ingat

Tahukah Anda jika musik yang masuk ke dalam telinga Anda akan diubah menjadi sinyal listrik ke dalam otak, yang mana mampu untuk membantu memahami bahasa untuk Anda mengerti apakah arti lagu yang sedang Anda dengar dan mampu untuk mengatur emosi Anda dan juga bisa membantu mengatur tekanan darah, denyut jantung dan suhu tubuh Anda saat tubuh mulai merespon sinyal listrik yang masuk melalui alunan musik tersebut.  Cara belajar itulah yang mampu untuk meningkatkan daya ingat Anda karena adanya pelepasan dopamine dalam otak yang juga mampu berfungsi untuk meningkatkan motivasi belajar Anda.

Cara belajar dengan mendengarkan musik ini mampu untuk meningkatkan daya ingat karena konsentrasi Anda saat belajar semakin meningkat, dengan alunan musik maka suara-suara lain dan bising yang mengganggu akan tersamarkan dengan suara musik sehingga Anda akan lebih fokus, dan kinerja otak hanya akan fokus pada apa yang Anda dengar dan pelajari saat itu. Sehingga Anda akan semakin mudah dalam menangkap dan mengingat apa saja yang Anda pelajari.

Genre Musik yang Cocok untuk Didengarkan Saat Belajar

Meskipun cara belajar dengan mendengarkan musik dengan genre apapun bisa meningkatkan konsentrasi Anda, namun ada beberapa genre musik yang lebih cocok dan paling ampuh untuk didengarkan saat belajar dan berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik klasik dengan judul Mozart misalnya, yang mana musik klasik ini juga mampu untuk meningkatkan kecerdasan otak. Meskipun hal ini belum terbukti secara ilmiah, namun dengan mendengarkan alunan musik klasik yang mana lebih lembut dan stabil untuk didengarkan dibandingkan dengan genre musik lainnya itulah yang membuat musik klasik lebih pas untuk meningkatkan konsentrasi karena memiliki efek yang menenangkan bagi tubuh.

Spread the word. Share this post!