Musisi Legend dari Indonesia

Satu hal yang patut dibanggakan dari Indonesia adalah kemampuan negeri ini dalam memproduksi seniman berkualitas. Buktinya, banyak sekali musisi terkenal Indonesia yang mampu menghasilkan karya fenomenal. Berbagai karya mereka tak lekang oleh waktu.

Tak hanya yang berkarier secara individu, banyak pula grup band Indonesia yang menjelma jadi legenda. Sekumpulan talenta nan bersatu itu memberi kita legacy yang bakal dikenang dari masa ke masa.

Dari sekian banyak musisi itu, inilah 5 musisi legendaris Indonesia yang mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan lagu-lagunya. Simak, yuk!

God bless

mahdaen.tv

Lebih baik di sini, rumah kita sendiri.
Segala nikmat dan anugerah yang kuasa, semuanya ada di sini.
Rumah kita.

Kamu pasti tidak asing, kan, dengan lirik lagu di atas? Yup, itu adalah salah satu lirik dari lagu God Bless yang berjudul “Rumah Kita”.

Merujuk pada kemunculan perdananya di Taman Ismail Marzuki (TIM), God Bless secara resmi berdiri pada 5 Mei 1973. Formasinya ketika itu adalah Achmad Albar (vokal), Ludwig Lemans (gitar), Donny Fattah (bas), Yockie  Suryo Prayogo (keyboard), dan Fuad Hasan (drum). Namun, sejak resmi berdiri, God Bless telah mengalami beberapa kali pergantian personel.

Pada tahun 1975 Achmad Albar membintangi film “Laela Majenun”. Ada dua lagu di dalam film itu yang kemudian menjadi cikal bakal materi album pertama God Bless, yaitu “Sesat” dan “Huma di Atas Bukit”.

Hingga tahun 2017, God Bless telah menghasilkan tujuh buah album penuh dan tiga kompilasi. Dasawarsa 1970-an dianggap sebagai tahun-tahun kejayaan mereka. Salah satu bukti nama besar God Bless adalah ketika mereka dipilih sebagai pembuka konser grup musik rock legendaris dunia, Deep Purple, di Jakarta pada 1975 lalu.

Rhoma Irama

hipwee.com

Siapa yang tidak kenal dengan musisi satu ini?

Raden Haji Oma Irama atau yang dikenal dengan nama Rhoma Irama adalah musisi terkenal Indonesia yang berkiprah pada genre Dangdut. Musisi yang punya julukan Raja Dangdut ini lahir di Tasikmalaya, 11 Desember 1946.

Rhoma pernah bergabung dengan band Gayhand (1963), lalu pindah ke Orkes Chandra Leka. Pada akhirnya, ia membentuk band sendiri bernama Soneta yang berdiri sejak 13 Oktober 1973.

Soneta pun menjelma menjadi grup band Indonesia yang legendaris sekaligus melambungkan nama Rhoma Irama di benak banyak orang. Bersama grup Soneta yang ia pimpin, Rhoma memperoleh 11 Golden Record dari kaset-kasetnya. Selain itu, ia telah menelurkan 16 album bersama soneta dan 29 album solo.

Jamrud

wphore.id

Kamu pasti pernah dengar lagu berjudul “Selamat Ulang Tahun” atau “Pelangi di Matamu”. Itu hanyalah dua dari banyak lagu Jamrud lain yang melegenda.

Jamrud dibentuk pada tahun 1984 di Cimahi, Jawa Barat dengan nama Jamrock. Namun, sejak tahun 1990, Jamrock berganti nama menjadi Jamrud. Band ini awalnya beranggotakan Azis Mangasi Siagian (gitar), Ricky Teddy (bass) dan Krisyanto (vokal). Seiring berjalannya waktu, Jamrud pun mengalami bongkar pasang personel. Krisyanto bahkan sempat keluar, digantikan oleh Donal Dark, sebelum akhirnya mengambil kembali mic-nya pada 2011 dan memuaskan kerinduan penggemar Jamrud lewat suara seraknya sampai sekarang.

Hingga kini, Jamrud telah menghasilkan 13 album studio dan 4 album kompilasi. Jamrud juga banyak menerima penghargaan sebagai grup rock terbaik di Indonesia dari berbagai ajang penghargaan.

Dewa 19

dictio.id

Kuterima suratmu, telah kubaca dan aku mengerti….

Hayoooo, siapa yang kangen dengan lagu berjudul “Kangen” milik Dewa 19?

Dewa 19 dibentuk di Surabaya pada 1986. Grup musik ini telah beberapa kali mengalami pergantian personel. Sebelum dibubarkan pada 2011, formasi terakhirnya adalah Ahmad Dhani (kibor), Andra Junaidi (gitar), Once Mekel (vokal), Yuke Sampurna (bass), dan Agung Yudha (drum).

Dewa 19 pernah merajai panggung-panggung festival di akhir era 1980-an. Band ini kemudian hijrah ke Jakarta dan merilis album pertamanya pada tahun 1992 di bawah label Team Records.

Pada tahun 2008, Dewa 19 masuk daftar “The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa” oleh majalah Rolling Stone. Mereka diakui sebagai salah satu legenda atau ikon terbesar dalam sejarah musik populer Indonesia. Hingga kini, Dewa 19 telah mempersembahkan 8 album studio, 6 album kompilasi, dan 2 album live.

Sheila On 7

youtube.com

“Sebuah Kisah Klasik” menjadi salah satu lagu yang paling terkenal dari Sheila on 7. Kamu pasti pernah mendengarnya, bukan? Awalnya, band ini bernama W.H.Y Gank, dan kemudian berganti menjadi Sheilagank pada 6 Mei 1996.

Sheilagank banyak tampil di pensi dan festival band SMA se-Jateng DIY hingga pertengahan tahun 1998. Mereka kemudian mendapatkan kontrak rekaman dengan pihak label Sony Music Entertaintment Indonesia. Sheilagank lalu berubah menjadi Sheila On 7. Sementara itu, nama Sheilagank digunakan sebagai sebutan bagi pendengar setia karya-karya mereka.

Sheila On 7 telah mengalami beberapa kali perubahan personel. Kini, formasi band ini adalah Brian (drum), Eross (guitar), Duta (vocal), dan Adam (bass). Hingga sekarang, Sheila On 7 telah merilis 10 album.

Dari kelima band di atas, siapa favoritmu? Pernahkah kamu melihat mereka tampil secara langsung? Well, ada kabar bahagia, nih! Kelima band di atas bisa kamu saksikan di Synchronize Fest 2018 Bukalapak.

Sudahkah kamu punya tiketnya? Kalau belum, segera beli tiketnya di Synchronize Fest 2018 Bukalapak dan nikmati kesempatan menyaksikan 5 band legendaris Indonesia dalam satu acara! Kalau bukan sekarang, kapan lagi?

 

Spread the word. Share this post!