Penuh dengan Khasiat Kecantikan, Ini Dia Cara Membuat Air Mawar bagi Pemula!

Bunga mawar kini banyak dicari oleh para wanita. Selain karena menjadi simbol cinta dan romantisme, bunga mawar ternyata memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit wajah. Meski belum banyak produsen kosmetik yang mengaplikasikan air mawar untuk produknya, namun air mawar tetap digemari karena banyaknya manfaatnya di dalamnya. Manfaat air mawar yang pertama adalah membantu untuk menyempurnakan riasan. Contohnya, ketika makeup kamu sudah terlihat kusam, cobalah semprotkan air mawar. Trik ini dapat mencerahkan wajah kembali sehingga terlihat segar dan bercahaya.

Selain itu, air mawar juga dapat membuat mencerahkan kelopak mata dan bagian sekitarnya, menyembuhkan dan mencegah jerawat, serta mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit.

Baca disini untuk tahu 5 manfaat air mawar bagi kulit wajah.

Tanpa berpanjang kata, yuk simak cara membuat air mawar bagi pemula di bawah ini!

Langkah pertama adalah mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat air mawar. Bahan-bahan tersebut adalah 150 gram kelopak bunga mawar segar (usahakanlah memilih warna yang sama karena akan mempengaruhi padu atau tidaknya aroma yang dihasilkan) dan 475 ml air. Anda juga dapat menambahkan dua atau tiga kali bahan-bahan tersebut apabila Anda ingin membuat air mawar dengan jumlah yang lebih banyak. Sebenarnya ada beberapa metode cara membuat air mawar, akan tetapi cara membuat air mawar kali ini adalah yang paling sederhana yang diperuntukkan bagi pemula.

Langkah berikutnya adalah Anda akan membuat air mawar dengan menggunakan kelopak bunga mawar segar sebagai bahan dasar. Selanjutnya, pilihlah kelopak bunga mawar yang memiliki bentuk terbaik atau tidak cacat. Pemilihan bahan dasar air mawar inilah yang akan menentukan hasil bagus atau tidaknya air mawar buatan Anda. Setelah mendapatkan sekitar 150 gram kelopak mawar segar, cuci bersih bahan-bahan tersebut menggunakan air bersih yang mengalir. Tujuannya adalah agar pestisida, bahan-bahan kimia, kotoran, ataupun serangga yang ada dalam kelopak mawar tersebut bisa turut hilang bersama aliran air yang dikucurkan. Selanjutnya, masukkan seluruh kelopak mawar yang telah Anda ke dalam panci yang telah diisi air bersih. Tutup panci dengan rapat lalu didihkan bahan-bahan tersebut dengan menggunakan api kecil kompor. Tunggu selama kurang lebih hingga bahan-bahan tersebut benar-benar mendidih sempurna.

Langkah selanjutnya adalah matikan kompor lalu diamkan air rebusan mawar Anda selama kurang lebih 20 menit. Setelah suhu rebusan mawar Anda sudah agak dingin, siapkan saringan dan baskom. Setelahnya, saring rebusan air mawar tersebut hingga tuntas. Siapkan botol yang sebelumnya telah dicuci bersih sebagai kemasan air mawar buatan Anda.

Tuang hasil saringan rebusan mawar Anda ke dalam botol. Apabila masih terdapat uap pada rebusan air mawar, maka diamkan selama beberapa saat hingga air mawar benar-benar dingin. Anda dapat pula menyimpannya di dalam kulkas agar uap panas di botol air mawar Anda benar-benar hilang. Terakhir tutup botol air mawar Anda dan air mawar buatan rumahan yang kaya manfaat pun siap untuk digunakan!

Bagaimana? Cukup mudah dan praktis bukan cara membuat air mawar? Jangan lupa saat air mawar Anda sudah jadi, simpanlah di dalam kulkas agar lebih segar saat Anda ingin menggunakannya. Ramuan air mawar buatan rumah ini bisa bertahan cukup lama yakni hingga enam bulan.

Spread the word. Share this post!