Resep Cemilan Darurat Saat Kawan Datang

Libur begini emang enaknya di kasur dengan selimut hihi. Tapi hari ini banyak kawan-kawan mimin akan datang ke rumah. Katanya, ada reuni kecil-kecilan. Sebagai tuan rumah yang baik, mimin akan berusaha sekuat tenaga mimin untuk menyiapkan makanan yang enak untuk mereka. Pas mimin check di internet banyak banget resep, mulai dari yang nasional sampai yang internasional. Kali ini, karena waktunya tidak banyak, mimin akan masak yang cukup menggunakan bahan yang sama tapi bisa dibuat jadi beberapa jenis makanan. Mimin mulai dari resep internasional. Lumayan sih, mudah untuk dibuat tapi harga bahan-bahannya lumayan mahal. Apa daya mimin yang belum gajian ini. Akhirnya, mimin melihat-lihat resep cemilan tradisional yang simpel. Oho! Mimin menemukan banyak resep dengan bahan dasar sama tapi dengan teknik memasak yang berbeda bisa menghasilkan jenis makanan yang berbeda juga loh. Mimin akan coba resep kue-kue tradisional manis, mulai dari resep kue cubit sampa kue serabi.

Selain mudah dibuat, kue ini juga cocok dimakan untuk sarapan dan tea time. Selain itu, seperti yang mimin bilang tadi, bahan dasar kuenya sama tapi cara membuatnya berbeda, jadilah kue berbeda. Sebelum itu, kita belanja dulu yuk. Pertama, tinggal beli terigu, telur, margarin, kelapa parut, meses, kismis, gula putih, kentang, baking soda. Mudah didapat semua kan? Mampir ke warung sama nunggu abang sayur lewat juga dapat semua bahan-bahannya.

  1. Kue Lumpur

Kalau kue lumpur sering mimin temukan di snack box pas meeting di kantor atau ada acara arisan gitu. Kuenya juga manis tapi ga berlebihan. Pertama, siapkan kentang, terigu, vanili, gula putih, margarin, telur, dan topping-nya. Untuk topping yang paling cocok biasanya pakai kismis. Makanya, waktu belanja tadi, mimin bilang beli kismis. Kalau sedang tidak ada stok kismis bisa diganti dengan meses. Lanjutkan dengan menghancurkan kentang. Kemudian, lelehkan margarin dengan api kecil agar tidak gosong dan kocok bersama dengan gula dan telur ketika margarinnya sudah tidak terlalu panas. Kocok semua bahan sampai rata. Kemudian, siapkan cetakan membuat kuenya. Masak kue hingga setengah matang kemudian tambahkan kismis. Tutup dengan penutup dan tunggu hingga benar-benar matang.

  1. Kue Cubit

Si pinch cake ini manis dan cocok banget dimakan bareng kopi atau teh. Untuk membuatnya, siapkan telur, tepung terigu, gula pasir, vanili, soda kue, margarin, baking powder, dan tidak lupa topping-nya. Seperti membuat kue lumpur, lelehkan margarin baru kemudian tambahkan bahan lainnya. Aduk dan kocok hingga tercampur semua secara merata. Untuk masak yang satu ini bisa dadakan supaya bisa ada lumer-lumernya sambil panas-panas. Atau bisa dimasak dengan tingkat kematangan yang well done.

  1. Kue Serabi

Kalau dari tadi makanan yang manis-manis, sekarang mimin akan buat makanan dengan rasa asin pedas. Campurkan bahan-bahan adonan seperti kelapa parut, santan, garam, tepung beras. Siapkan juga oncom yang sudah dibumbui untuk jadi topping-nya. Setelah adonan tercampur rata dan tidak ada yang menggumpal, tinggal masukkan ke dalam cetakan serabi yang bulat-bulat. Tunggu hingga setengah matang. Tambahkan topping oncom pedas di atasnya dan selesaikan sampai kue seri matang.

Ting tong ting tong ting tong. Sepertinya kawan-kawan mimin sudah sampai tuh. Selamat mencoba ya readers. Silakan berkreasi dan jangan takut gagal. Ting tong ting tong ting tong okay mimin caw dulu ya, sepertinya mereka sudah kelaparan. Happy cooking! https://review.bukalapak.com/food/resep-kue-cubit-dan-5-kue-camilan-khas-indonesia-yang-mudah-dibuat-20770

Gambar oleh masakApaYa Youtube Food Tour Indonesia

Spread the word. Share this post!