Resep Kue Kering Sederhana Nastar Keju, Coba Yuk!

Dapurkhatulistiwa

 

Siapa sih yang tidak suka kue nastar? Kue kering dengan isian selai nanas di dalamnya ini dari zaman Anda masih kecil pasti sudah menjadi kue favorit. Kalau dipikir–pikir, sepertinya rasa cinta kepada kue nastar ini lebih besar daripada untuk pacar, hehe. Bagaimana tidak? Resep kue nastar sudah setia menemani kita sejak kanak-kanak dan tetap manis. Berbeda dengan si dia yang manisnya hanya sementara.

Baca: https://review.bukalapak.com/food/resep-kue-nastar-lembut-dan-lumer-di-mulut-ini-bikin-semua-orang-bertekuk-lutut-20734

Eits, kembali lagi ke makanan favorit seluruh umat manusia ini ya. Kue nastar memang tidak lekang oleh waktu dan tempat. Apalagi saat musim hari besar seperti bulan puasa dan hari Lebaran, resep kue kering sederhana seperti kue nastar tidak akan pernah ketinggalan.

Memang sih, kita tidak bisa memungkiri bahwa membuat kue nastar tidak segampang mencintainya. Prosesnya yang rumit dan memakan waktu lama membuat banyak orang enggan membuatnya sendiri di rumah. Banyak orang yang lebih suka beli saja. Namun ya begitu, harganya cukup mahal bukan? Ada sih harga yang sedikit terjangkau, tapi biasanya rasa ataupun bentuknya malah tidak sesuai harapan.

Maka dari itu, sangat perlu untuk Anda belajar membuat kue nastar sendiri di rumah. Tenang saja, kami ada resep membuat kue nastar antirumit kok. Anda hanya perlu mengikuti panduan dari kami.

Yang perlu diperhatikan saat membuat kue nastar seperti kata Meidi Yanto, pastry chef dari Shangrila hotel Jakarta adalah, “Untuk membuat kue nastar, kuenya harus dioles dengan kuning telur di atasnya agar tampilannya mengilat.”

Benar! Agar terlihat lebih premium dan mewah, kue nastar memang wajib diolesi dengan kuning telur agar terlihat berkilau. Bagaimana? Berani coba?

Kalau Anda berani, itu artinya Anda sudah siap menerima resep rahasia dari kami. Simak baik–baik ya. Jangan sampai ada yang terlewat satu pun! Karena bila terlewat, maka nastar pun berpotensi bantat dan memiliki rasa yang tidak gurih.

Pertama, Anda perlu menyiapkan bahan–bahan berikut ini:
125 gram margarin
125 gram butter
2 kuning telur
50 gram gula halus
350 gram tepung terigu
1 saset susu Dancow

Olesan:
3 butir kuning telur
3 sendok makan minyak goreng
3 sendok makan SKM putih

Selai :
Nanas 2 buah
Gula pasir 200 gram
Gula jawa 50 gram

Langkah–langkah membuat kue nastar yang pertama ialah membuat selai. Untuk pembuatan selai, kita menggunakan bahan dasar nanas. Nah, caranya, parutlah nanas dengan menggunakan parutan keju. Kenapa? Hal ini supaya parutan nanas tidak terlalu lembut. Lalu, masak nanas dalam wajan tebal, aduk–aduk hingga air menyusut, lalu tambahkan gula, aduk kembali sampai gula ikut larut dan selai menjadi kering. Perhatikan!

Pastikan bahwa selai benar–benar kering agar tidak cepat busuk ya. Setelah itu, bentuk selai menjadi bola–bola kecil agar nanti mudah dalam memasukkan ke dalam adonan nastar.

Selanjutnya, masukkan butter, gula halus, dan kuning telur ke dalam sebuah wajah, lalu mixing selama 30 detik saja. Tambahkan tepung terigu, dan aduk dengan spatula.

Ambil sejumput adonan, isi dengan selai di dalamnya, lakukan berulang sampai adonan habis, oven dengan panas yang sedang cenderung kecil.

Setelah matang, biarkan dingin terlebih dahulu. Lalu, olesi dengan kuning telur. Setelah agak kering, olesi lagi, begitu sampai 3 kali.

Untuk finishing, oven lagi selama 10 menit. Keringkan, lalu simpan Ke dalam wadah tertutup seperti toples misalnya.

Bah, mudah bukan cara membuat kue nastar? Selamat mencoba ya!

Spread the word. Share this post!