Resep Sayur Sederhana Punya Cerita

Yang jadi orang Indonesia, pasti tahu dong sayur-sayur khas dari Indonesia. Indonesia, dari Sabang sampai Merauke emang ga pernah habis deh menu-menu autentiknya. Berbicara soal menu autentik, kali ini mimin mengupas fakta yang menakjubkan tentang salah satu sayur khas dari Indonesia. Apakah diaaa.. jeng..jeng..jeng.. namanya adalah sayur lodeh. Pasti readers sudah pernah mendengar nama sayur ini kan. Luar biasa jika belum pernah mendengar. Sayur ini memang sangat khas dari Indonesia. Biasanya, kalau Lebaran atau jadi menu sarapan juga bisa dia. Tinggal dipasang-pasangkan sayurannya dan pasangan makannya, apakah nasi atau lontong. Jadi, apa sih yang bikin cara membuat sayur lodeh ini unik? Bukan caranya sih ya gaes, tepatnya bahan yang digunakan untuk membuat sayur lodeh ini yang menjadi unik. Karena sayur yang satu ini menggunkan coconut milk atau santan sebagai bahan dasar pembuatannya. Tidak heran kalau sayur yang satu ini sangat lezat jika dimakan bersama dengan lontong. Maknyoosh! Mimin jadi ngiler sendiri sekarang. Oke, kita lanjut. Selain rasanya, bahan dasarnya, ada lagi loh fakta unik lain dari sayur lodeh ini.

Rupanya, di Jawa ada sebuah tradisi yang bernama upacara tolak bala. Jadi, apa hubungannya dengan sayur lodeh min? Iya, tenang-tenang pemirsa, mimin juga harus bernapas untuk menulis. Sayur lodeh merupakan hidangan yang selalu turut meramaikan jamuan dari kegiatan tersebut. Sayur lodeh juga dipercaya punya andil untuk menolak bala bagi masyarakat yang mempercayainya. Biasanya, komunitas yang mengadakan kegiatan ini adalah masyarakat Jawa Kejawen. Duh, sudah lawas sekali ya. Tapi, mereka masih tetap mempertahankan tradisi. Mimin rasa sudah cukup berbagi info yang sangat uniknya. Sekarang, kita langsung beraksi untuk membuat sayur lodeh manisa terong. Pertama dan menjadi hal utama, siapkan dulu bahan dan rempahnya dulu ya.

Bahan-Bahan Sayur Lodeh Manisa Terong

  • Manisa (2 buah)
  • Terong ungu (2 buah)
  • Kacang panjang (5 buah)
  • Tahu putih berukuran sedang (2 buah)
  • Tempe (½ papan)
  • Boleh juga menambahkan sayuran lainnya seperti jagung dan wortel

Bumbu dan Rempah Sayur Lodeh

  • Bawang merah yang diiris tipis (5 siung)
  • Bawang putih yang diiris tipis (5 siung)
  • Cabai rawit 10 buah (atau boleh disesuaikan dengan selera)
  • Lengkuas yang digeprek (3 cm)
  • Daun salam (2 lembar)
  • Santan kental 75 ml atau 1 bks santan instan
  • Garam (1sdt)
  • Gula (2 sdt)
  • Penyedap rasa (½ sdm)

Langkah-Langkah Pembuatannya

  1. Bersihkan bahan dan bumbu yang akan digunakan.
  2. Potong-potong manisa, tempe, terong ungu, kacang panjang, dan tahu. Bentuk dan ukurannya sesuaikan dengan selera saja ya. Bisa dipotong dadu atau dipotong memanjang.
  3. Panaskan sedikit minyak goreng untuk menumis bawang merah dan putih.
  4. Masukkan daun salam, cabai, dan lengkuas. Tumis dan aduk hingga aromanya harum.
  5. Masukkan tempe dan tahu yang sudah dipotong-potong.
  6. Tambahkan air untuk kuahnya sebanyak 1500 ml atau sesuaikan dengan selera.
  7. Tunggu hingga mendidih dan masukkan kacang panjang, terong ungu, dan manisa.
  8. Tambahkan santan perlahan-lahan sambil diaduk (jangan sampai) santannya pecah ya.
  9. Tambahkan juga bumbu-bumbu penyedap garam, gula, dan penyedap rasa, kemudian aduk hingga matang.
  10. Sayur lodeh manisa terong siap dihidangkan.

Resep sayur sederhana ini mudah untuk dibuat kan readers. Hati-hati untuk yang punya kolesterol ya karena walaupun memiliki kandungan gizi yang baik dari tahu, tempe, sayur-sayuran, dan rempah-rempah lainnya, tapi hidangan ini menggunakan santan sehingga kurang baik untuk yang memiliki penyakit jantung atau kolesterol. Anyway, selamat mencoba readers. Happy cooking.

Baca juga di sini https://review.bukalapak.com/food/lahapnya-makan-masakan-rumahan-dengan-resep-sayur-lodeh-sedap-ini-11274

Gambar oleh Unilever Food Solutions

Spread the word. Share this post!