Sebelum Berburu Barang Dengan Harga Diskon, Kenali Dulu Jenis-jenis Promo ini

Tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap belanja, membuat sejumlah toko online maupun toko offline saling berlomba-lomba menarik perhatian konsumen dengan potongan harga atau diskon menarik. Salah satu teknik menarik pembeli adalah dengan mengadakan ‘perang diskon’. Teknik ini selalu sukses membuat konsumen bingung memilih mana produk yang paling sesuai.

Sebelum Berburu Barang Dengan Harga Diskon, Kenali Dulu Jenis-jenis Promo ini

Sebelum Berburu Barang Dengan Harga Diskon, Kenali Dulu Jenis-jenis Promo ini

Namun, tak perlu terburu-buru memutuskan untuk membelinya. Karena ada beberapa hal yang harus Anda tahu mengenai diskon, yakni jenis-jenis penawaran diskon yang beragam. Hal yang perlu Anda ketahui adalah promo diskon mana yang paling Anda butuhkan karena tidak semua promo itu memberikan keuntungan. Beberapa hanyalah trik yang mengatasnamakan promo padahal sebenarnya tidak. Agar tidak tertipu, Ada baiknya untuk mengenali jenis-jenis harga diskon berikut ini.

Potongan Harga

Rasanya tidak ada orang tidak tergiur dengan promo potongan harga. Biasanya strategi ini banyak dipakai oleh toko mengingat orang-orang sangat senang membeli barang dengan harga diskon. Anda bisa mengambil contoh mainan truk yang di banderol seharga Rp 200.000 sebelum harga diskon. Saat harga tersebut dilabeli dengan stiker diskon 50% tentunya Anda lebih tertarik dengan barang tersebut jika dibandingkan dengan mainan truk lain yang memang harga awalnya seharga Rp 100.000. Padahal jika dipikir secara rasional kedua mainan tersebut memiliki nilai yang sama, namun karena label diskon Anda merasa lebih untung jika membeli barang mahal dengan potongan harga yang lebih murah.

Beli Satu Gratis Satu

Biasanya penawaran diskon yang satu ini cukup menggiurkan, apalagi untuk mereka yang hobi berbelanja. Tentu saja sangat menggoda karena Anda bisa mendapatkan dua barang sekaligus hanya dengan membayar harga satu barang saja. Namun, jangan terkecoh, karena penawaran ini hanya berlaku untuk produk yang sejenis atau produk yang memiliki harga murah dari barang yang Anda bayar nantinya. Sebaiknya penawaran ini Anda pilih jika memang sedang membutuhkan produk-produk yang persediaan harus banyak, seperti pempers anak. Sedangkan jika promo ini berlaku untuk pakaian atau mainan, ada baiknya untuk mempertimbangkan lagi sebelum membelinya.

Kupon atau Voucher

Pada umumnya, penawaran Kupon atau voucher diberikan saat Anda telah melakukan pembelian dengan jumlah harga tertentu. Kupon atau voucher yang Anda dapat bisa digunakan pada pembelanjaan berikutnya. Meski tidak memberikan harga diskon secara langsung, namun promo ini berisiko membuat Anda lebih konsumtif. Jadi sebaiknya lebih berhati-hati, jangan sampai membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan

Diskon Anggota

Jika Anda memiliki toko langganan untuk membeli suatu barang, biasanya Anda akan ditawari menjadi member. Biasanya saat menjadi member Anda akan diberi kartu. Kartu inilah yang akan memberikan Anda banyak keuntungan, seperti harga diskon setiap kali melakukan transaksi. Untuk itu, disarankan menjadi member di toko langganan Anda agar mendapat potongan harga khusus.

Cuci Gudang

Promo cuci gudang ini sering dilakukan di akhir tahun dengan tujuan untuk menghabiskan stok barang yang ada di toko. Namun, sebelum membeli barang dengan harga diskon cuci gudang ini, ada baiknya Anda teliti memeriksa kualitas barang. Jangan sampai Anda memilih barang dengan kualitas kurang baik hanya karena tergiur dengan potongan harga yang menarik.

Spread the word. Share this post!