Ternyata Organisasi PSSI Juga Memiliki Peran yang Sangat Penting

PSSI, Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia adalah organisasi olahraga dalam bidang sepak bola yang menaungi seluruh klub sepak bola Indonesia yang terdaftar secara resmi sebagai Anggota PSSI. Sempat kita dengar bahwa beberapa tahun lalu terjadi beberapa masalah di tubuh organisasi ini namun demikian telah di selesaikan dengan baik dan semoga saja tidak memberikan dampak buruk terhadap sepak bola tanah air. Organisasi ini berdiri di Yogyakarta pada tanggal 19 April 1930 dengan nama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia. Ya, organisasi ini memang telah berdiri bahkan sebelum Indonesia merdeka pada tahun 1945 dan masih di bawah kekuasaan Belanda kala itu.

Dalam perkembangannya organisasi tersebut terus tumbuh dan berkembang serta telah berganti nama dengan nama yang telah kita kenal saat ini. Perjalanan panjang organisasi ini memang patut di pahami mengingat peranannya sebagai naungan bagi klub sepak bola tanah air. Secara umum organisasi ini memiliki beberapa peranan, antara lain. pertama, mengenalkan sepakbola di seluruh Indonesia. Sepakbola adalah olahraga yang telah di kenal oleh seluruh dunia. Bahkan masing-masing negara memiliki pemain sepak bola andalan untuk di ikut sertakan dalam ajang piala dunia. Tujuan dari di bentuknya organisasi ini ialah mengenalkan sepak bola kepada seluruh rakyat Indonesia sehingga dapat menjadi olah raga populer di kalangan masyarakat.

Kedua, meningkatkan kualitas pemain. Sepakbola adalah bentuk olahraga yang tidak hanya menuntut kesehatan pemain secara fisik namun juga rohani dan mental pemain. Bertanding di lapangan hijau menjadikan pemain tetap tangkas dalam merebut dan mempertahankan bola hingga ke gawang lawan serta tetap menjunjung tinggi sportifitas sehingga hasil kemenangan yang di dapatkan merupakan kemenangan sejati dan patut di banggakan. Untuk itu PSSI juga berperan meningkatkan kualitas pemain dengan melakukan penyuluhan dan pembinaan melalui program yang telah di buat dengan tujuan peningkatan kualitas para pemain sepak bola.

Baca Juga: ORGANISASI PSSI RUPANYA MEMILIKI 4 PERAN PENTING DI BAWAH INI!

Ketiga, mengadakan kompetisi antar klub. Guna meningkatkan performa pemain, organisasi ini juga menyediakan kompetisi sebagai ajang adu kemampuan di lapangan hijau guna meningkatkan semangat pemain untuk menjadi yang terbaik. Kompetisi ini juga membantu setiap klub sepak bola untuk dapat menyaring pemain berbakat untuk memenangkan kompetisi yang di selenggarakan. Dengan adanya kompetisi ini juga dapat mematangkan skill pemain nasional untuk mengikuti ajang pertandingan internasional dengan melawan tim dari negara lain.

Terakhir, mempromosikan sepakbola Indonesia kepada dunia. Selain mempromosikan sepak bola di tanah air, organisasi ini juga berperan untuk mempromosikan sepakbola Indonesia ke ranah internasional agar sepakbola Indonesia di akui dunia. Dengan kompetisi-kompetisi nasional yang di gelar, PSSI juga menyaring pemain terbaik tanah air untuk masuk membela tanah air melalui timnas sepakbola Indonesia sebagai klub Andalan untuk bertanding melawan negara lain. Memang bukan hal yang mudah untuk mencapai kemenangan karena memang timnas dari negara lain juga memiliki kemampuan yang sangat matang dalam bermain. Namun demikian dengan mengikuti turnamen internasional maka memberikan kesempatan bagi pemain Indonesia untuk di kenal di mata dunia khususnya bagi pecinta olahraga ini.

Spread the word. Share this post!