Tips Merawat Sepeda

Anda mempunyai sepeda ? Tentu saja anda tidak ingin sepeda anda cepat rusak. Memang sih bengkel sepeda gampang ditemui. Onderdilnya pun tidak sulit dicari. Tapi bukan kah akan lebih baik bila tidak harus mengeluarkan biaya ekstra akibat kerusakan yang sifatnya kelalaian. Perawatan yang rutin akan menjadi solusi yang harus dilakukan. Perawatan apa saja yang harus dilakukan? Berikut,tips merawat sepeda.

Cuci atau bersihkan
Pada umumnya sepeda setelah dipakai langsung disimpan amu kotor atau tidak. Nah, mulailah buang kebiasaan jelek tersebut. Rutin cuci sepeda anda setelah pemakaian terutama bila kondisi kotor. Hal itu untuk menghindari kotoran menempel terlalu lama. Sehingga sulit dibersihkan. Bila jarang dipakai sekalipun, minimal bersihkan dengan dilap. Ketika akan mencuci,ada baiknya aksesoris yang menempel,dibuka dulu,untuk hasil yang optimal.

Cek rantai
Mengecek kondisi rantai menjadi hal yang penting dilakukan karena kerja rantai itu lumayan berat.
Periksa kebesihannya.
Bila kotor cob bersih dengan kain lap.
Periksa tingkat kekencangannya
Rantai semakin lama kemungkinan kendornya semakin tinggi. Jadi harus sering dicek. Jika kendor, kencangkan.
Periksa pelumas rantai
Rantai jangan sampai kering mengerak. Harus sering dikasih oli atau cairan pelumas lainnya.
Periksa rem
Salah satu sisi safety bila anda mengendarai sepeda adalah rem. Jangan sampai karena anda malas mengecek,rem tidak berfungsi optimal atau bahkan blong. Berbahaya bukan. Masalah rem tidak jauh dari kampas,minyak rem dan stelan kabel. Jika anda kurang memahami,segera bawa ke bengkel terdekat.
Periksa putaran roda dan jari – jari
Putaran roda akan menunjukan tingkat kestabilan roda bila dipakai. Bisa jadi karena sering terbentur benda keras, roda menjadi tidak optimal perlu dipress. Periksa juga jari – jarinya. Stel kembali jari – jarinya bila sudah tidak nyaman dikendarai.
Periksa tekanan ban
Ban sepeda meskipun anda jarang memakainya,usahakan jangan sampai dalam keadaan gembos atau kurang angin. Ini akan membuat ban cepat rusak.

Gunakan pelidung/ pelapis bodi
Agar tampilan bodi tidak cepat buram,tidak mengkilat,gunakan pelapis bodi. Memang sih tidak dilakukan pun nggak apa – apa. Tapi akan lebih baik bila dilakukan. Anda tentu saja menginginkan tampilan yang tetap terlihat baru bukan.
Periksa sekrup
Ada baiknya ini rutin dilakukan. Bila longgar, bukan tidak mungkin akan terjadi hal yang tidak anda inginkan ketika anda mengendarainya.
Semir ban
Dengan disemir,maka tampilan ban akan lebih fresh bahkan terlihat baru.

Jika kendaraan bermotor,harus rutin dihidupkan meskipun tidak dipakai. Maka untuk sepeda,ada baiknya tidak dibiarkan lama tidak dipakai. Luangkan waktu untuk menggunakannya secara berkala. Hal itu bagus untuk menjaga bagian – bagian kendaraan ini berfungsi optimal.

Spread the word. Share this post!