Tips yang Tak Boleh Dilewatkan Sebelum Pergi Traveling

Traveling menjadi kegiatan yang tentunya merupakan keinginan keinginan setiap orang. Selain untuk menikmati liburan, ini juga bisa dijadikan sebagai acara ampuh untuk Anda menghilangkan kepenatan dari aktivitas yang kadang membuat Anda stres dan lelah.

Tips yang Tak Boleh Dilewatkan Sebelum Pergi Traveling

Tentunya menjadi hal yang menyenangkan jika Anda berencana untuk pergi jalan-jalan atau traveling ini. Nah, jika Anda sudah berniat untuk pergi jalan-jalan, misalnya ke luar negeri, Anda harus membaca beberapa checklist di bawah ini agar liburan Anda makin seru. Apalagi jika Anda baru pertama kali pergi ke sana.

Persiapan Dasar

Sebelum Anda pergi traveling, tentunya Anda harus siapkan dulu persiapan dasar yang menjadi syarat mutlak sebelum Anda jalan-jalan. Anda harus perhatikan dan cek masa berlaku paspor Anda. Pastikan batas masa berlakunya paspor Anda berjarak minimal sampai enam bulan dari tanggal kepulangan Anda ke Tanah air. Jika ternyata waktunya kurang, Anda harus segera perpanjang paspor Anda.

Visa juga perlu Anda perhatikan. Jika Anda pergi ke negara yang memberlakukan visa bebas untuk beberapa negara, tentu itu sangat bagus. Contohnya Thailand yang memberlakukan bebas visa untuk 52 negara termasuk Indonesia yang berlaku untuk perjalanan singkat. Anda juga perlu memerhatikan kesediaan uang tunai yang Anda miliki akan mencukupi keperluan Anda saat traveling. Jangan lupa juga untuk menukar rupiah dengan mata uang negara tujuan.

Pesan tiket pesawat dan hotel

Sebelum Anda sampai di tempat tujuan, Anda harus sudah memesan tiket beserta penginapan untuk Anda tinggal. Agar lebih efektif, Anda harus memesannya jauh-jauh hari agar lebih memudahkan untuk persiapan. Saat ini, di era digitalisasi, sudah banyak platform atau toko online yang menyediakan pelayanan untuk memesan dan membeli tiket baik untuk pesawat maupun hotel dan penginapan.

Bawa Barang Seperlunya

Agar memudahkan Anda saat berjalan-jalan, sebaiknya bawa barang yang memang Anda perlukan. Misalnya baju, bawalah baju seperlunya, tidak perlu banyak-banyak. Karena jika terlalu banyak itu hanya akan membuat beban bawaan Anda jadi lebih berat.

Catat tempat tujuan

Nah, ini pun harus Anda perhatikan. Jika Anda berencana mengunjungi suatu negara, tentu harus sudah siap dengan bucketlist tempat tujuan Anda. Catatlah nama-nama tempat tersebut berikut alamatnya agar memudahkan Anda saat nanti sudah berada di sana. Misal jika Anda pergi ke Thailand, pastikan tempat-tempat favorit yang ada di sana menjadi daftar di daerah kunjungan Anda. Seperti kuil Thailand, atau pantainya seperti Ko Phi-phi.

Cicipi Kuliner Khas

Sayang sekali bukan jika Anda pergi jauh-jauh ke luar negeri hanya untuk makan makanan yang di tanah air pun ada, seperti makanan-makanan cepat saji misalnya. Jika Anda jalan-jalan ke suatu tempat yang belum pernah Anda kunjungi, tentunya Anda pun sangat perlu untuk mencicipi kuliner khas yang disediakannya. Jajanan-jajanan pinggir jalan, atau makanan khas lainnya di tempat makan di sana. Hal tersebut akan menambah kesan dan momen lebih dalam liburan Anda.

Spread the word. Share this post!