Wajib Tahu, Ternyata Ini Penyebab Bruntusan di Wajah!

Mau atasi bruntusan pada kulit, coba skincare untuk wajah bruntusan ini!

Ada bintik-bintik merah pada kulit wajah Anda? Waspadai, bisa jadi itu adalah bruntusan. Bruntusan merupakan masalah kulit yang berbentuk bintik-bintik kemerahan. Bintik tersebut merupakan gerombolan jerawat-jerawat kecil yang disebut closed comedo. Bruntusan muncul dari bakteri, sel-sel kulit mati, serta minyak berlebih pada pori-pori kulit. Bruntusan dengan ukuran kecilnya sering kali disepelekan. Namun ternyata jika dibiarkan, bruntusan dapat menyebabkan efek yang tidak jauh berbeda merugikannya dari jerawat biasa ataupun jerawat batu.

Adanya bruntusan pada wajah dapat mempersulit Anda dalam memilih produk kosmetik. Hal tersebut dikarenakan tampilan wajah akan terlihat tidak mulus dan lembut. Upaya apapun mungkin dapat dilakukan untuk menutupi bruntusan dan kemerahan pada wajah. Akan tetapi kondisi kulit sebenarnya tetap saja tidak sehat. Bahkan penggunaan kosmetik dapat memperparah kondisi kulit yang bruntusan.

  1. Stres

Faktor penyebab bruntusan di wajah yang kerap disepelekan adalah stres. Penyebab ini merupakan faktor hormonal. Meningkatnya produksi hormon testoteron dapat memicu timbulnya jerawat ataupun bruntusan pada kulit. Rangsangan tersebut terjadi akibat kulit yang memproduksi terlalu banyak minyak berlebih saat stres.

  1. Kulit yang Kurang Bersih

Setelah memakai make up atau riasan wajah seharian, pastikan kamu membersihkan muka dengan beberapa produk skin care. Jika perlu, lakukanlah double cleansing pada riasan Anda agar wajah dapat dipastikan bersih tanpa ada sisa make up yang tertinggal. Sisa riasan wajah dapat memicu timbulnya bakteri dan berkembangnya jamur pada permukaan kulit. hal itulah yang dapat menimbulkan bruntusan atau jerawat kecil-kecil.

  1. Alergi

Kebanyakn orang mengidap alergi. Alergi adalah kondisi di mana reaksi sistem imun tidak normal. Alergi dapat disebabkan oleh tidak cocoknya tubuh pada obat, makanan, kosmetik, debu, dan lain sebagainya.

  1. Terlalu Sering Begadang

Pola tidur merupakan hal yang harus dijaga setiap orang demi kesehatan. Pola tidur yang buruk akan mempengaruhi kesehatan yang buruk juga. Sering begadang merupakan pola tidur yang tidak baik. Terlalu sering bedang dapat menyebabkan bruntusan pada kulit wajah. Hal tersebut disebabkan oleh produksi minya yang berlebih pada kulit.

  1. Pemakaian Kosmetik yang Tidak Cocok

Salah satu penyebab bruntusan di wajah adalah pemakaian kosmetik yang tidak sesuai di kulit anda. Kulit anda dapat tidak cocok dengan beberapa kandungan dalam produk kosmetik. Hal tersebut dapat disebabkan oleh jenis kulit yang tidak sesuai dengan produknya. Oleh karena itu, sebelum membeli dan memakai sebuah produk kosmetik, ada baiknya Anda menyelidiki kandungan produk tersebut. Barangkali produk tersebut mengandung bahan yang berbahaya yang akan memberikan reaksi buruk pada kulit wajah Anda.

  1. Terkena Polusi Udara

Tinggal di kota yang padat dengan transportasi membuat risiko terkena pencemaran polusi udara semakin meningkat. Kulit yang terlalu sering terkena polusi udara akan menyebabkan wajah menjadi kotor dan kusam. Hal ini dapat memicu berkembang biaknya bakteri pada kulit wajah yang akhirnya membuat kulit wajah menjadi bruntusan.

  1. Ketombe pada Rambut

Anda memiliki ketombe pada rambut? Waspadai karena ketombe dapat berpengaruh pada kulit wajah Anda. kulit yang kotor karena ketombe dapat menjadi penyebab bruntusan di wajah.

  1. Pergantian Musim

Penyebab bruntusan di wajah selanjutnya adalah cuaca yang tidak menentu. Tidak semua kulit orang dapat dengan cepat beradaptasi dengan perubahan cuaca. Kulit bisa dengan mudah menjadi sensitif dan terkena masalah.

Spread the word. Share this post!